Ayam rarang menjadi wisata kuliner yang terkenal di Lombok, NTB/Grab
Kuliner

Jelajah Investasi Sasambo : Ayam Rarang, Menu Khas Lombok Timur yang Bikin Ketagihan

Harian Noris Saputra
Rabu, 6 September 2023 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Ayam rarang Lombok Timur sudah lama menjadi menu favorit bagi para wisatawan maupun rombongan yang sedang melakukan perjalanan di Lombok Timur.

Ayam rarang merupakan menu ayam yang diolah dengan berbagai campuran bumbu utamanya cabai kering, bawang merah, bawang putih, kemiri hingga terasi. Berbagai bumbu tersebut diolah dan dimasak dengan ayam kampung hingga bumbunya meresap. 

Nama Rarang sendiri diambil dari nama desa tempat makanan khas ini berasal tepatnya desa Rarang, kecamatan Terara, kabupaten Lombok Timur. Jika dari kota Mataram, desa Rarang bisa ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan.

Di desa Rarang warung atau rumah makan ayam rarang tidak hanya satu, namun berjejer di sepanjang jalan dan pengunjung bisa memilih lokasi yang cocok untuk mereka. 

Tim Jelajah Bisnis Indonesia, berkesempatan mengunjungi salah satu rumah makan Ayam Rarang yang tepat berada disamping SPBU Rarang. Rumah makan ini menyediakan paket Ayam Rarang lengkap dengan sayur bening, kedelai goreng, nasi putih dan sambal khas Lombok. Bumbu ayam rarang tidak begitu pedas sehingga cocok untuk pengunjung dari berbagai daerah.

Pengunjung yang membawa rombongan disediakan tempat duduk lesehan di belakang warung, dan juga parkir bagi mobil yang cukup luas. Jika datang perorangan, bisa menempati kursi yang disediakan di gedung utama rumah makan. 

Selain itu, disediakan juga fasilitas toilet dan juga musholla yang bisa digunakan untuk shalat bagi pengunjung yang beragama Islam. Rumah makan yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun ini juga menyediakan ayam rarang dalam kemasan yang bisa menjadi oleh-oleh bagi wisatawan.

Program Jelajah Investasi Sasambo didukung oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero), Pertamina Patra Niaga, PT PLN (Persero), Ooredoo Hutchison (Indosat), PT XL Axiata Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro