Resep sate kambing enak dan tidak berbau/Tokopedia
Kuliner

Dari Sate hingga Siomay, Ini 10 Makanan Indonesia yang Paling Populer

Redaksi
Kamis, 7 September 2023 - 11:44
Bagikan

6. Acar

Acar adalah campuran sayuran tradisional yang biasanya terdiri dari kubis, wortel, atau mentimun yang dibumbui dengan cabai dan irisan bawang merah. Semua sayuran dipotong tipis-tipis atau dipotong dadu kemudian dicampur dengan air asin dan air cuka yang sedikit manis.

Acar biasanya digunakan sebagai taburan mie dan nasi atau sebagai pelengkap hidangan panggang, goreng atau kari. Selain sayuran, acar juga dibuat menggunakan berbagai bumbu dan buah-buahan seperti mangga atau nanas.

7. Tempe

Tempe adalah salah satu makanan yang dikenal mengandung protein sebanyak daging. Makanan hasil fermentasi kacang kedelai ini berasal dari pulau Jawa, Indonesia.

Awalnya, tempe pertama kali ditemukan secara tidak sengaja, ketika kedelai yang dibuang dari proses pembuatan tahu secara spontan mulai berfermentasi.

8. Nasi goreng

Meskipun dianggap sebagai hidangan yang berasal Indonesia, nasi goreng juga biasa disantap di Malaysia dan Singapura.

Tradisi menggoreng nasi di Indonesia diyakini berasal dari budaya Tionghoa, ketika perdagangan antara kedua negara mulai berkembang.

Orang Indonesia mengadopsi tradisi Cina berdasarkan kepercayaan bahwa membuang-buang makanan adalah dosa, sehingga nasi goreng pun tercipta. Nasi goreng biasanya dimakan untuk sarapan dan dibuat dengan nasi sisa dari hari sebelumnya.

9. Bakso

Bakso adalah sup bakso yang populer di Indonesia. Sama halnya seperti hidangan lainnya di Indonesia, bakso tumbuh dari pengaruh Asia dan Eropa di negara ini. Di seluruh Indonesia, ada banyak variasi bakso, tetapi semuanya memiliki tiga bahan utama, yaitu kaldu, mie, dan bakso.

Yang membedakan bakso dengan jenis makanan Asia lainnya adalah konsistensi bakso yang memiliki tekstur kenyal. Meskipun bakso pada dasarnya adalah makanan jalanan, bakso dapat ditemukan di mana saja, mulai dari tempat makan di luar ruangan hingga restoran yang elegan. Makanan pendamping yang ditambahkan biasanya berupa pangsit, telur rebus, atau tahu.

10. Siomay

Siomay adalah hidangan khas Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan, telur, kentang, kol, tahu, dan pare yang dikukus. Setelah dikukus, semua bahan disusun di atas piring, dipotong-potong seukuran sekali gigit, dan disiram dengan saus kacang.

Sentuhan terakhir pada hidangan ini adalah siraman kecap manis dan saus sambal, serta perasan air jeruk nipis. Di Indonesia, siomay merupakan makanan yang umum dijajakan di pusat jajanan kaki lima (pujasera tradisional Indonesia). (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro