Pengunjung memperhatikan koleksi sepatu di sela-sela konferensi pers BCA Jakarta Sneaker Day 2019, di Jakarta, Jumat (18/1/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat
Fashion

Tips Merawat Sneaker Agar Awet dan Tampak Baru

Redaksi
Jumat, 8 September 2023 - 17:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pencinta sepatu sneaker tentunya rela merogoh biaya demi mendapatkan sneaker impian. Sneaker memberikan kenyamanan tersendiri bagi mereka yang sering beraktivitas aktif diluar rumah.

Sepatu kets yang satu ini menarik perhatian banyak orang untuk dimiliki dan sangat mudah untuk ditemukan dengan harga yang beragam.

Simak tips merawat sneaker :

1. Memberikan Perhatian

Yang terpenting, cara termudah untuk merawat sepatu adalah dengan mencegah noda atau kerutan sejak awal.  


2. Isi Dengan Koran yang Sudah Dikerutkan Setelah Dipakai

Surat kabar mudah diakses dan sangat baik dalam menyerap kelembapan. Jika kamu kamu berkeringat atau sepatu kamu lembab karena terkena hujan atau air, isilah sepatu tersebut dengan koran untuk membantunya lebih cepat kering dan mengurangi bau yang tidak sedap. Mengisi sepatu dengan koran juga akan membantu mencegah kusutnya sepatu yang membuat sepatu terlihat tua.

3. Simpan Dengan Benar 

Menyimpan sepatu dalam kotak sepatu tidak menjamin sepatu disimpan dengan tepat. Kamu bisa menambahkan lembaran pengering ke dalam sepatu agar tetap segar atau bisa membeli produk yang dibuat khusus untuk mengurangi bau sepatu.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Sepatu

Jika kamu sudah menggunakan sepatu selama beberapa hari berturut-turut, maka ganti sepatu kamu. Hal ini bermanfaat agar sepatu bisa lebih awet dan terawat. Digunakan setiap hari berturut-turut akan membuat bahan sepatu mudah rusak dan kusam. 

5. Jangan Menggunakan Mesin Cuci

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan banyak pecinta sepatu sneaker adalah membuang sepatunya ke dalam mesin cuci. Perlu diingat bahwa sebagian besar jenis sepatu terbuat dari bahan yang tidak tahan terhadap mesin cuci. Misalnya saja sepatu kulit cenderung menyusut atau meregang jika dicuci dengan mesin cuci, sedangkan sepatu berbahan suede dapat mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki lagi.

Cara terbaik merawat sepatu kets adalah mencucinya dengan tangan. Ini juga merupakan cara terbaik untuk menghilangkan bau kaki dan bau tidak sedap lainnya dari sepatu kets. Penting juga untuk diperhatikan bahwa harus menggunakan air dingin, deterjen lembut dan pakaian lembut saat membersihkan sepatu.

6. Perhatikan Cara Menyikat Sepatu dengan Benar

Menyikat adalah salah satu hal terpenting yang harus  dilakukan untuk merawat sepatu kets. Ini tidak hanya membantu menghilangkan kotoran dan debu tetapi juga menjaga sepatu terlihat segar dan rapi. Untuk menyikat sepatu kets dengan benar, ikuti langkah-langkah sederhana berikut:

• Lepaskan sepatu kets dan letakkan di rak atau meja agar dapat membersihkannya dengan nyaman.

• Ambil sikat kering dan mulailah menyikat sepatu kets  dengan gerakan memutar.

• Selanjutnya, sikat dari bawah ke atas.

• Terakhir, bersihkan dengan kain lembab untuk menghilangkan partikel debu atau kotoran yang mungkin tertinggal di permukaan sepatu.


7. Perhatikan Tali Sepatu 

Tali sepatu sama pentingnya dengan sepatu kets itu sendiri. Mencuci tali sepatu hanya dengan merendamnya dalam semangkuk air hangat yang dicampur dengan deterjen atau dapat membeli sepasang baru dengan warna dan pola berbeda untuk mengubah tampilan. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro