Ilustrasi air lemon atau lemon infused water/Medicine.net
Health

10 Manfaat Lemon Bagi Penderita Diabetes

Redaksi
Kamis, 14 September 2023 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penderita diabetesharus memperhatikan kesehatan semaksimal mungkin, terutama kadar gula darah. Lemon bisa menjadi makanan yang cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Untuk mengatur kadar gula darah, penderita diabetes perlu menjaga berat badan yang ideal, bergerak aktif setiap hari, rutin meminum obat dan cerdas dalam memilih makanan sehat yang rendah kadar gula darahnya.

Dilansir Times of India (14/9/2023) salah satu makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes adalah lemon. Lemon dapat memberikan manfaat potensial bagi penderita diabetes sebagai bagian dari diet seimbang dan dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

Simak 10 manfaat lemon bagi penderita diabetes:

1. Mencegah Lonjakan Gula Darah

Lemon memiliki indeks Glikemik yang rendah, yang berarti dampaknya minim terhadap kadar gula darah saat dikonsumsi. Hal ini dapat membantu mencegah lonjakan gula darah secara cepat.


2. Mengurangi Resiko Komplikasi 

Lemon adalah  sumber vitamin C yang memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu mengurangi resiko komplikasi yang berhubungan dengan diabetes seperti stres oksidatif.


3. Hidrasi

Lemon dapat membantu mengatur hidrasi dan hidrasi yang tepat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu kadar gula darah.

manfaat minum lemon
manfaat minum lemon


4. Pengendalian Berat Badan

Serat pada lemon dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, berpotensi mengurangi asupan kalori dan mendukung pengendalian berat badan yang merupakan aspek penting dalam pengelolaan berat badan


5. Meningkatkan Pencernaan

Jus lemon dapat merangsang pencernaan dan dapat membantu meringankan masalah pencernaan yang umum terjadi pada penderita diabetes.


6. Menyeimbangkan Tingkat PH

Lemon memiliki efek alkalizing pada tubuh yang dapat membantu menyeimbangkan tingkat PH tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menjaga tubuh tetap basa dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. 

manfaat air lemon
manfaat air lemon

7. Menambah Rasa

Lemon dapat menambah rasa pada makanan tanpa menambah kalori atau gula berlebihan sehingga memudahkan penderita diabetes untuk menikmati makanan sambil mengatur gula darahnya.


8. Sifat Anti Bakteri

Lemon memiliki sifat antibakteri sehingga berpotensi mengurangi risiko infeksi atau komplikasi pada penderita diabetes.


9. Menurunkan Stres

Aroma lemon diketahui memiliki efek menenangkan dan dapat membantu menurunkan tingkat stres. Hal ini penting bagi penderita diabetes, karena stres dapat mempengaruhi pengendalian gula darah.


10. Meningkatkan Cita Rasa

Jus lemon dapat meningkatkan cita rasa masakan tanpa bergantung pada saus atau bumbu lain yang tinggi gula atau tinggi sodium sehingga memberikan pilihan makanan yang lebih sehat. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro