Kayu manis/kemendag.go.id
Health

7 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Redaksi
Selasa, 19 September 2023 - 21:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kayu manis mempunyai aroma yang khas, manis tajam, menyegarkan dan dapat mengobati banyak jenis penyakit.

Rempah-rempah kuno yang berasal dari kulit beberapa spesies pohon cemara ini mudah ditemukan dengan harga yang sangat terjangkau. 

Dikutip Every Day Health (19/9/2023) kayu manis mempunyai reputasi panjang sebagai agen penyembuh. Rempah-rempah ini telah dipercaya memiliki sifat antibakteri, antimikroba, antioksidan dan anti-inflamasi. 

Tidak jarang, rempah ini sering ditemukan dalam ramuan-ramuan kesehatan. Kayu manis sering dikonsumsi sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti menurunkan gula darah dan kolesterol. 

Simak manfaat kayu manis bagi tubuh:

1. Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian terhadap orang dewasa penderita diabetes menemukan bahwa kayu manis dapat membantu menurunkan gula darah, meskipun penelitian lain belum menunjukkan hasil serupa. 

2. Meningkatkan Metabolisme

Minyak esensial dalam kayu manis yang disebut cinnamaldehyde dapat menargetkan sel-sel lemak Anda dan membuatnya membakar lebih banyak energi.

3. Menyehatkan Kulit 

Satu penelitian kecil menemukan bahwa kayu manis Ceylon, khususnya, dapat melawan jenis bakteri yang diketahui menyebabkan jerawat. Penelitian laboratorium kecil lainnya menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan produksi kolagen, yang mungkin membantu kulit Anda terlihat lebih muda.

4. Mengurangi Peradangan

Manfaat kayu manis adalah obat terbaik dalam melawan peradangan dalam penelitian laboratorium baru-baru ini yang mengamati 115 makanan. Karena penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia, lebih banyak penelitian dapat mendukung penggunaan kayu manis sebagai obat alami bagi orang lanjut usia untuk membantu mengatasi kondisi seperti ini.

5. Menurunkan Kolesterol

Ketika 60 orang dewasa dalam sebuah penelitian kecil makan sekitar ¼ sendok teh kayu manis setiap hari selama 40 hari, kolesterol LDL (“jahat”) mereka turun.

Penelitian lain menemukan bahwa kayu manis dalam jumlah yang sama, dimakan setiap hari hingga 18 minggu, dapat menurunkan LDL dan kolesterol total sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (“baik”). 

6. Mengatur Siklus Menstruasi untuk PCOS

Saat mengonsumsi 1,5 gram (sekitar ½ sendok teh) kayu manis setiap hari selama 6 bulan, wanita dengan sindrom ovarium polikistik dalam sebuah penelitian kecil namun dirancang dengan baik memiliki menstruasi yang lebih teratur. Resistensi insulin dan kadar androgen mereka tidak berubah.


7. Melawan Bakteri


Kayu manis dapat melawan berbagai jenis bakteri penyebab penyakit, termasuk salmonella, E. Coli , dan staph. Mungkin bisa digunakan sebagai pengawet alami pada makanan dan kosmetik. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro