Ruben Onsu dan Sarwendah/IG @ruben_onsu
Entertainment

Daftar 15 Artis Raup Cuan dari TikTok Shop

Hesti Puji Lestari
Kamis, 28 September 2023 - 11:00
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - TikTok Shop telah menumbuhkan sentimen masyarakat. UMKM merasa dirugikan lantaran mulai banyaknya artis dan public figur yang berjualan di platform media sosial yang satu ini.

Pemerintah bakal melarang social commerce seperti TikTok Shop berjualan di Indonesia usai revisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik diteken. 

Rencananya, Menteri Pedagangan Zulkifli Hasan akan meneken revisi Permendag itu pada Selasa (26/9). 

Dalam beleid tersebut, nantinya pemerintah hanya membolehkan social commerce untuk mempromosikan barang dan jasa saja. Artinya platform tersebut dilarang berjualan secara langsung.

TikTok Shop telah menjadi platform besar yang dimanfaatkan banyak orang untuk meraup cuan. Akan tetapi hal ini berdampak pada kondisi lapangan yang memprihatinkan.

Para pedagang offline, terutama di Tanah Abang, mengeluhkan dagangannya sepi lantaran banyak pembeli kini membeli di TikTok Shop.

Masalah kian meluas saat terdapat artis yang bahkan berjualan sembako dan barang elektronik. Berikut adalah beberapa artis yang raup cuan dari TikTok.

1. Ruben Onsu dan keluarga

Ruben Onsu dan keluarga menjadi salah satu artis kenamaan tanah air yang cukup aktif di TikTok. Ruben diketahui jualan berbagai produk affiliasi, termasuk sembako yang bikin geger.

Selain itu, Ruben dan adiknya juga kerap berjualan produk buatan mereka yang dikenal dengan nama Geprek Bensu.

2. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Meski sudah memiliki harta miliaran, tapi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga aktif berjualan di TikTok Shop. Melalui Toko Mama Gigi, Ibu dari Rafathar Malik Ahmad tersebut menjual berbagai produk affiliasi.

3. Gisella Anastasia

Gisella Anastasia juga turun gunung ke TikTok Shop. Mulanya, mantan istri Gading Martin ini menawarkan produknya sendiri.

Akan tetapi belakangan, Gisell menerima affiliasi dan menawarkan berbagai produk lainnya.

4. Luna Maya

Luna Maya jarang mempromosikan produk dan berjualan di TikTok Shop sendiri. Akan tetapi, Luna memperkerjakan karyawannya untui melakukan siaran langsung untuk menjual produk di TikTok Shop.

Akun TikTok shop Luna Maya bahkan cukup sering siaran langsung dengan menawarkan aneka jenis make up.

5. Baim Wong dan keluarga

Baim Wong bersama istrinya, Paula Verhoeven juga ikut berjualan di TikTok Shop. Dia menjual berbagai peralatan rumah tangga mulai dari termos hingga panci yang merupakan bagian dari program affiliate. 

Selain kelima artis di atas, berikut adalah daftar artis yang raup cuan di TikTok Shop.

6. Aurel Hermansyah

7. Nathalie Holscher

8. Donita

9. Alyssa Soebandono

10. Inara Rusli

11. Richard Lee

12. Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu

13. Dude Herlino

14. Lesti Kejora

15. Jordi Onsu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro