Ilustrasi batik
Fashion

Tips Padu Padan Batik agar Tampil Modis dan Elegan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 2 Oktober 2023 - 09:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Batik merupakan wastra kebanggaan Indonesia. Terlebih batik telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Momen ini pun setiap tahunnya dirayakan masyarakat Indonesia sebagai Hari Batik Nasional untuk terus menumbuhkan kebanggan dan kecintaan terhadap budaya Indonesia, yaitu batik.

“Untuk bisa tetap tampil modis di Hari Batik Nasional, Tokopedia membagikan lima tips memilih jenis baju batik wanita yang sesuai dengan berbagai jenis kegiatan serta memberikan rekomendasi brand  lokal yang bisa jadi pilihan masyarakat di hari yang spesial ini,” kata Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo.

Bagi Anda yang ingin mengenakan batik di hari batik nasional, berikut rekomendasi padu padan batik agar tetap modis dari Tokopedia

1.  Atasan batik kasual yang colorful berikan kesan playful

Atasan batik kasual bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis bawahan. “Padukan atasan batik berwarna cerah dengan rok atau celana jeans. Bisa juga menggunakan sneakers sebagai pelengkap penampilan yang casual dan playful,” kata Aldhy.

2. Pakai outer batik untuk tampil lebih modis

Outer batik terus menjadi item fesyen favorit masyarakat. Selain nyaman digunakan, outer batik mudah dijadikan layering yang bisa membuat penampilan makin menarik.

“Untuk iklim tropis seperti Indonesia, pilih outer batik bermaterial katun yang mudah menyerap keringat sehingga dapat menciptakan rasa sejuk dan nyaman,” kata Aldhy.

3. Dress batik jadi penyelamat gaya kasual hingga formal

Bingung mau pakai baju apa? Dress batik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai kegiatan. “Selain mudah dan nyaman digunakan, dress batik bisa memberikan kesan feminin dan anggun. Sangat cocok untuk momen spesial, seperti Hari Batik Nasional,” ungkap Aldhy.

4. Eksplor gaya etnik biar makin unik

Fashion styling dengan sentuhan etnik makin digemari masyarakat. Sudah banyak brand lokal yang menghadirkan fashion item etnik berwarna natural dengan desain apik.

“Contohnya, rok lilit, yang bisa memberikan kesan tradisional sekaligus kekinian jika dipadupadankan secara tepat,” ujar Aldhy.

5. Tampil trendi dengan scarf batik multifungsi

Scarf batik bisa menjadi salah satu item fesyen yang multifungsi dan membuat penampilan menjadi lebih trendi. “Masyarakat bisa memakai scarf sebagai pelengkap penampilan atau sebagai outer.

Bahkan scarf batik juga bisa di mix and match menjadi hijab yang anggun,” ujar Aldhy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro