Batik Bluebird
Fashion

Fakta Unik dan Menarik dari Batik Seragam Pengemudi Blue Bird

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 4 Oktober 2023 - 16:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Banyak dari Anda yang mungkin mengenakan batik id hari nasional tersebut.

Batik ada ragam macam dan motifnya. Ada juga perusahaan yang mewajibkan karyawannya mengenakan batik di hari-hari tertentu setiap pekannya.

Ada juga yang bahkan setiap hari mengenakan batik, yakni perusahaan transportasi Bluebird.

Batik biru Bluebird bukan sekadar batik. Seragam pengemudi itu ternyata memiliki filosofi mendalam dan fakta-fakta menarik untuk diketahui. 

Berikut fakta unik dan menarik dari batik Bluebird dikutip dari siaran persnya

● Peluncuran batik Bluebird sebagai seragam pengemudi secara resmi diluncurkan oleh Dirjen Budaya Seni dan Film DepBudPar RI, Drs. Tjetjep Suparman, M.Si, dan Bapak dr. Purnomo Prawiro di Museum Fatahilah, Jakarta.

● Batik Bluebird didesain oleh perancang busana terkenal Chossy Latu yang memiliki perhatian khusus terhadap pelestarian batik.

● Batik Bluebird telah berusia 13 tahun sejak peresmiannya pada 2010.

● Batik Bluebird terdiri dari 4 elemen yang memiliki makna masing-masing, yaitu:

1. Burung Biru; Burung biru adalah ikon Bluebird itu sendiri yang terinspirasi dari kisah legenda orang Eropa mengenai burung berwarna biru yang dipercaya sebagai pembawa kebahagiaan.

2. Padi dan Kapas; Perpaduan antara padi dan kapas melambangkan komitmen Bluebird terhadap kesejahteraan, sikap mengayomi karyawan dan pengemudi, serta melindungi pelanggan.

3. Nyeplok Lunglungan; Nyeplok Lunglungan adalah pola yang tersusun atas burung biru dan rangkaian padi dan kapas yang membentuk empat penjuru mata angin. Hal ini melambangkan Bluebird siap melayani pelanggan ke berbagai tujuan dengan aman dan nyaman.

4. Burung Berjajar; Bagian bawah baju batik Bluebird dikelilingi oleh gambar burung yang berjajar. Ini adalah cerminan dari etos  kerja sama di Bluebird yang tertata, disiplin, serta konsisten dalam mutu dan pelayanan.

Sebagai perancang busana yang karya-karyanya sudah diakui dunia internasional, Chossy Latu memiliki kenangan tersendiri saat merancang batik Bluebird.

“Saya membutuhkan waktu hampir 2 tahun untuk membuat motif batik yang sesuai dengan karakter Bluebird. Tantangan yang
paling terasa adalah bagaimana membuat motif yang selaras dengan nilai-nilai perusahaan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro