Ilustrasi parenting
Health

Tips Parenting, Ini 10 Ciri-ciri Anak Cerdas dan Pintar

Redaksi
Kamis, 5 Oktober 2023 - 15:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kenali ciri anak pintar dan cerdas. Setiap anak memiliki proses pembelajaran yang berbeda, bahkan tingkat kecepatan pemahaman dalam suatu pelajaran pun berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh nutrisi yang didapatkan atau cara mendidik orang tua. 

Orang tua mengambil peran penting dalam tumbuh kembang anak. Memberikan asupan nutrisi yang cukup hingga cara mendidik anak mempengaruhi kecerdasan dan kepintaran anak. 

Namun, ada beberapa anak yang terlahir dengan memiliki kecerdasan dan kepintaran. Kemampuan memahami atau mempelajari lebih cepat dari anak lain inilah yang membuat anak terlihat lebih cerdas. 

Hal ini tentunya harus bisa dipahami oleh orang tua. Jika orang tua memahami hal tersebut akan sangat membantu anak untuk lebih berkembang lagi. 

Simak ciri-ciri anak cerdas, orang tua wajib tahu:

1. Tingkat intensitas yang tinggi

Anak-anak yang memiliki kepintaran atau kecerdasan merespons kehidupan dengan emosi yang lebih besar daripada orang kebanyakan. Mereka cenderung sangat tertarik pada bidang yang mereka minati dan memiliki kemampuan untuk mempertahankan minat tersebut untuk jangka waktu yang lama. Terkadang perilaku mereka bahkan tampak obsesif kompulsif.

2. Senang Belajar dan Rasa Ingin Tahu Tinggi 

Anak yang memiliki kecerdasan cenderung memiliki rasa ingin tahu dan keinginan belajar yang tidak pernah terpuaskan. Ia akan mulai menyukai banyak hal yang menurutnya baru dan unik, lalu mulai mempelajarinya dengan menanyakan banyak hal kepada orang tuanya. 

Sering kali pertanyaan yang ditanyakan akan cukup banyak sehingga orang tua mungkin akan bingung menjawabnya..

3. Memiliki Pandangan 

Anak-anak yang cerdas atau pintar melihat dunia dengan cara yang berbeda. Mereka mempunyai sudut pandang yang tidak biasa mengenai kehidupan dan pengalaman, dan lebih dini merasakan apa yang terjadi di sekitar mereka dibandingkan anak pada umumnya. 

Mereka mengenali pola, dan memiliki kemampuan untuk mengabstraksi dan memecahkan masalah. Mereka juga seringkali memiliki selera humor yang tinggi sejak dini. Anak yang pintar cenderung menunjukkan rasa keadilan dan kebutuhan akan keadilan yang lahir dari rasa kasih sayang terhadap orang lain.

Anak yang cerdas, akan lebih mengalah daripada anak lain ketika mereka memperebutkan suatu hal. Dia akan bertingkah dewasa dalam menghadapi permasalahan tersebut berbeda dengan anak lain yang tidak akan mau mengalah. 

4. Daya Ingat Tinggi 

Anak berbakat mampu menyimpan informasi dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu yang lebih lama. Mereka memiliki kemampuan observasi yang tajam, mengkatalogkan bahasa tubuh, perubahan suara dan detail lainnya. 

Kemampuan ini yang membuat mereka akan lebih pintar di kelas karena mengingat banyak materi yang diajarkan di kelas. 

Tidak hanya itu, buku yang dibacanya juga akan menambah pengetahuannya. Sehingga sering kali anak yang cerdas atau pintar lebih banyak mengetahui banyak hal dari anak lainya. 

5. Lebih Pendiam 

Anak-anak berbakat mungkin berbicara lebih awal atau tidak, tetapi kapan pun mereka berbicara, mereka akan melakukan percakapan yang lebih mendalam dan filosofis. Akibatnya, mereka cenderung ingin bergaul dengan anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa karena mencari pemahaman intelektual yang sama. 

Hal ini yang membuat anak yang cerdas atau pintar akan lebih diam di kelas atau saat bermain. Dia bukan tidak suka berbicara tapi karena teman berbicaranya yang tidak memiliki kemampuan yang sama dengannya sehingga Ia susah untuk berinteraksi.

6. Menyukai Hal Baru Dalam Pelajaran 

Anak-anak yang cerdas atau pintar akan merasa bosan atau menunjukkan ketidaksukaannya ketika mendapatkan pelajaran atau materi yang telah ia pelajari sebelumnya. 

Anak-anak yang cerdas atau pintar akan lebih senang ketika diberikan pelajaran baru yang lebih menantang untuknya. 

7. Perfeksionis

Anak-anak cerdas memiliki kemampuan untuk memahami apa yang sempurna dalam suatu situasi, yang dapat menyebabkan mereka frustasi jika mereka yakin bahwa mereka tidak dapat mencapai standar tersebut. Karena mereka ingin melakukan sesuatu dengan baik. 

Biasanya, anak-anak akan merasa gelisah ketika mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Ia akan cenderung belajar lebih giat untuk mencapai hasil yang memuaskan.

8. Ketekunan

Dalam hal mengejar minat mereka, anak-anak cerdas akan terus melakukannya. Mereka menunjukkan semangat yang berkelanjutan untuk mencari tahu sesuatu dan mempelajari semua yang mereka bisa dalam bidang minat mereka.

9. Tingkat sensitivitas yang lebih tinggi

Anak-anak cerdas lebih sensitif secara emosional dibandingkan anak-anak pada umumnya, pertama tentang diri mereka sendiri dan kemudian orang lain. Mereka bisa sangat berbelas kasih dan kepekaan moral yang tinggi.

10. Kesulitan Untuk Tidur 

Anak-anak cerdas biasanya akan sulit untuk menenangkan pikiran. Tanda-tanda balita yang cerdas adalah seringnya begadang dan lebih suka mengatur jam tidurnya sendiri ketika bangun dan tidur.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Satoshi Kanazawa di London School of Economics and Political Science menyimpulkan bahwa “anak-anak yang lebih cerdas cenderung tumbuh menjadi orang dewasa yang aktif di malam hari, yang tidur larut malam dan bangun terlambat pada hari kerja dan akhir pekan." (Ernestina Jesica)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro