Ilustrasi migrain atau sakit kepala/mims.com
Health

Jangan Salah, Migrain Pada Perempuan Bisa Berhubungan dengan Kanker Payudara

Redaksi
Sabtu, 7 Oktober 2023 - 16:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Migrain tidak boleh disepelekan, kelainan neurologis umum ini menyebabkan sakit kepala parah, ternyata bisa merujuk pada penyakit  kardiovaskular, demensia dan kanker

Migrain biasanya menyebabkan sakit kepala di satu sisi kepala, yang mungkin juga disertai mual, muntah dan kepekaan ekstrem terhadap cahaya dan suara. Dalam beberapa kasus, orang mengalami aura atau serangkaian gejala yang mempengaruhi penglihatan sementara seperti titik buta, kilatan cahaya dan penglihatan terowongan sebelum serangan migrain. Pasien juga mungkin mengalami sensasi kesemutan di lengan atau kaki, mati rasa di wajah dan kesulitan berbicara.

Migrain terkadang bersifat keturunan. Faktor-faktor tertentu seperti hormon, stres, makanan, kafein, perubahan cuaca, perubahan pola tidur dan obat-obatan dapat memicu sakit kepala migrain. Kondisi seperti depresi, kecemasan, gangguan bipolar, gangguan tidur dan epilepsi juga meningkatkan risiko.

Namun, sebuah studi baru mengungkapkan kemungkinan adanya hubungan genetik antara migrain dan kanker payudara.

Dilansir Medical Daily (7/10/2023) para peneliti menemukan bahwa wanita yang menderita migrain jenis apa pun berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara, terutama kanker payudara reseptor estrogen yaitu jenis di mana sel kanker tumbuh sebagai respons terhadap hormon estrogen.

Peneliti juga menemukan bahwa wanita yang mengalami sakit kepala migrain tanpa aura memiliki peningkatan risiko kanker payudara ER-negatif yakni ketika sel kanker tidak memiliki estrogen dan memiliki peluang lebih tinggi terkena kanker payudara secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita tiga kali lebih berisiko terkena migrain dibandingkan pria. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro