Ilustrasi kabin pesawat
Travel

Cara Booking Tiket Pesawat Agar Dapat yang Lebih Murah untuk Liburan

Mutiara Nabila
Kamis, 26 Oktober 2023 - 20:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah pandemi Covid-19 usai, banyak orang yang merencanakan liburan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

Untuk bepergian ke luar kota atau ke luar negeri tentu saja memerlukan alat transportasi, dan yang tercepat adalah menggunakan pesawat. 

Namun, tak jarang mimpi untuk liburan kemudian harus tertahan atau tertunda perkara harga tiket pesawat terbang yang menguras kantong. 

Hal ini bisa jadi karena periode liburan yang dipilih mungkin bersamaan dengan tanggal merah di negara tujuan atau karena memilih keberangkatan pesawat di akhir pekan. 

Lantas kapan waktu yang tepat untuk booking tiket pesawat agar dapat harga yang lebih murah?   

Menurut aplikasi perjalanan Hopper, ada anggapan bahwa Selasa adalah hari terbaik untuk memesan penerbangan murah. Tapi itu hanyalah sebuah mitos. 

Keyakinan ini bermula ketika harga maskapai penerbangan disesuaikan secara manual pada Senin jika rute tidak terjual dengan baik. Namun, dengan munculnya penetapan harga dinamis dan model komputer otomatis, tarif terendah dapat ditemukan kapan saja dalam seminggu. 

Kepala Ekonom Hopper Hayley Berg mengatakan, mitos penerbangan murah tiap Selasa itu sudah kuno. Gagasan itu muncul sebelum maskapai penerbangan memiliki model pendapatan menggunakan machine-learning. 

Dulu karyawan maskapai penerbangan akan menutup penjualan tiap Jumat. Lalu jika ada penerbangan yang terjual pada akhir pekan, dan mereka akan dibukukan pada Senin pagi, kemudian mereka akan menyesuaikan harga jika rute penerbangan tidak terjual dengan baik.  

Hal ini yang kemudian membuat penerbangan akan lebih murah ketika dipesan pada Selasa setelah penyesuaian tersebut dilakukan melalui sistem. Namun hal itu sudah tidak terjadi dalam 15 tahun terakhir ini.

Sebaliknya, Hopper menyarankan untuk memilih tanggal keberangkatan di tengah pekan, memilih tanggal yang fleksibel dengan tanggal perjalanan, memesan penerbangan maksimal sebulan sebelumnya, dan membuat perencanaan terlebih dahulu menggunakan sistem pemantauan harga.

Sementara itu, Berg menemukan bahwa tarif terendah sebenarnya ditawarkan setiap hari dalam sepekan dan paling sering pada Rabu dan Kamis secara keseluruhan, sehingga tidak ada manfaatnya untuk menunggu hingga Selasa untuk memesan penerbangan murah. 

Tips mencari tiket pesawat murah

Lantas, setelah mitos penerbangan murah hari Selasa telah terbantahkan, berikut adalah beberapa hal yang masih berhasil untuk menurunkan biaya tiket pesawat yang sangat mahal itu.

Pertama, pilih tanggal keberangkatan tengah minggu (dan hindari akhir pekan). Pada Selasa, alih-alih lebih murah, hari tersebut sebetulnya adalah hari yang nyaman untuk terbang. 

Selasa dan Rabu biasanya merupakan hari paling murah untuk bepergian. Para pelancong biasanya bisa menghemat sekitar 15 persen untuk penerbangan domestik atau 8 persen untuk penerbangan internasional jika terbang pada Rabu dibandingkan dengan memilih jadwal keberangkatan pada Minggu. 

Kedua, fleksibel dengan tanggal perjalanan. Jika membuka kalender Google Flights atau Hopper, akan jelas terlihat bagaimana mengubah tanggal perjalanan satu atau dua hari terkadang bisa membantu dapat menghemat jutaan rupiah. 

Di Indonesia, hari-hari besar seperti Idul Fitri atau Natal secara internasional adalah salah satu hari perjalanan tersibuk dalam setahun menjadikannya salah satu hari termahal.  

Berg mengatakan jika wisatawan memilih penerbangan pukul 6:00 pagi pada setelah hari-hari besar tersebut, mereka bisa menghemat lebih dari US$300 dibandingkan dengan membeli penerbangan pada pukul 21:00 malam sebelumnya. Hanya perlu mengorbankan sedikit waktu tidur.  

Hal yang sama berlaku untuk liburan akhir pekan atau tanggal merah di negara tujuan lainnya. Mengalihkan tanggal liburan dengan cara ini dapat memotong setengah harga tiket pesawat, tergantung ke mana tujuannya dan kapan memesan tiketnya.

Ketiga, untuk keberangkatan domestik, beli tiket pesawat maksimal sebulan sebelumnya. Data dari laporan Expedia Air Travel Hacks menyarankan pemesanan sekitar 28 hari sebelum keberangkatan untuk penerbangan domestik untuk menghemat rata-rata 24 persen dibandingkan dengan pemesanan mendekati hari-H. 

Namun jangan memesan terlalu dini juga, tiket pesawat umumnya lebih mahal pada 3,5 hingga 6 bulan sebelum keberangkatan untuk penerbangan domestik.

Adapun, untuk liburan musim panas, pesan penerbangan mulai Januari. Data dari Kayak menunjukkan bahwa Januari adalah waktu yang tepat untuk memesan penerbangan dan biasanya harganya lebih murah di awal tahun setelah liburan dan umumnya permintaan juga sedang lebih rendah.  

Jika wisatawan ingin pergi ke Eropa pada puncak musim panas pada Agustus, mereka dapat menghemat 20 persen jika membeli penerbangan delapan bulan sebelumnya, pada Januari, dibandingkan memesan di menit-menit terakhir.

Keempat, menurut data Kayak, jika traveler domestik memilih penerbangan yang berangkat dari jam 7 malam dan jam 10 malam, mereka dapat menghemat 37 persen dibandingkan penerbangan yang berangkat pada pagi hari seperti jam 4 pagi dan 9 pagi. 

Namun, dalam stretegi ini, ada risiko penerbangan delay atau tertunda, dan penerbangan sering kali menumpuk seiring berjalannya waktu. 

Sebaliknya, untuk penerbangan internasional, wisatawan bisa menghemat hingga 13 persen jika memesan waktu keberangkatan di pagi hari. Penerbangan yang memakan waktu seharian cenderung aman karena diprioritaskan untuk keberangkatan tepat waktu.

Kelima, rencanakan perjalanan ke depan menggunakan sistem pemantauan harga. Manfaatkan teknologi untuk melakukan segala pekerjaan rumit. Ada beberapa website tepercaya untuk melacak tarif.

Hopper misalnya, memiliki sistem prediksi harga yang cukup sukses untuk rute tertentu. Selanjutnya, ada Ditto Kayak, yang memiliki fungsi “perkiraan harga” dan “Waktu Terbaik untuk Bepergian”.  

Kemudian, Google Flights juga memiliki fitur waktu pemesanan termurah baru yang memberikan data tentang rentang harga terbaik untuk rute tertentu. Fitur ini memberi tahu pengguna terkait kapan waktu yang optimal untuk memesan rute tertentu berdasarkan data historis. 

Google juga menawarkan sistem pelacakan harga yang secara otomatis memberi tahu pengguna jika harga turun atau naik pada tanggal yang dipilih, dan pengguna bisa mendapatkan pemberitahuan untuk penawaran harga yang lebih bagus dan layak untuk diambil jika tanggalnya fleksibel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro