Blueberry/freegreatpicture.com
Health

Ini 10 Camilan Sehat di Bawah 100 Kalori

Redaksi
Sabtu, 28 Oktober 2023 - 12:15
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Pada dasarnya, jumlah kalori camilan yang baik untuk tubuh adalah sekitar 150-200 kalori. Namun, bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan, biasanya akan menghindari camilan yang mengandung banyak kalori. 

Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, tak perlu takut untuk mengonsumsi camilan karena ada beberapa camilan dengan jumlah kalori di bawah 100. 

Dilansir dari laman Everyday Health, Sabtu (28/10/2023), diet bukan berarti tidak dapat mengonsumsi camilan, tetapi harus bijak memilih dan mengatur porsinya. 

Simak beberapa camilan sehat di bawah 100 kalori:

1. Blueberry

Buah blueberry menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dan menjaga berat badan. Faktanya, Departemen Pertanian AS (USDA) memperkirakan bahwa satu cangkir blueberry segar mengandung sekitar 14,4 miligram vitamin C, hal ini menjadikannya sebagai sumber antioksidan yang baik. Ditambah lagi, 1 cangkir blueberry segar hanya mengandung sekitar 84 kalori. 


2. 1 butir telur rebus

Menurut USDA, 1 butir telur rebus berukuran besar mengandung sekitar 6,3 gram protein dan 78 kalori. Camilan berprotein tinggi seperti telur rebus ini baik untuk dikonsumsi pada pagi atau sore hari. Protein yang tinggi akan membuat tubuh kenyang dan membantu mencegah makan berlebihan. 


3. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin dan serat yang tinggi. Satu buah jeruk mengandung 72 kalori, 3 gram serat, dan 82 mg vitamin C, menjadikan buah jeruk sebagai camilan yang baik untuk tubuh. 


4. Stroberi

Satu cangkir stroberi merupakan sumber serat yang baik dengan kandungan sekitar 3 gram dan merupakan sumber vitamin C yang baik. Satu cangkir buah stroberi mengandung sekitar 53 kalori, hal ini menjadikan buah stroberi menjadi camilan yang baik untuk tubuh. 


5. Oatmeal

Setengah cangkir oatmeal yang dimasak dengan air hanya mengandung 83 kalori dan 4 gram serat yang dapat menjadi camilan untuk membantu tubuh tetap kenyang. 


6. Almond

Menurut USDA, kacang-kacangan seperti almond merupakan sumber protein nabati yang bagus (6,2 g per ons) dan vitamin E (5,8 mg, menjadikannya sumber yang sangat baik). Proteinnya akan membantu tubuh tetap kenyang, sementara vitamin E memiliki sifat antioksidan penting yang akan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.


7. 1/3 cangkir Edamame

1/3 cangkir Edamame yang dikupas hanya mengandung 63 kalori. Edamame sarat dengan protein, serat, dan sedikit lemak. Ketiga nutrisi ini membuat edamame menjadi camilan yang baik. 


8. Keju Cottage dan Mentimun 

Setengah cangkir keju cottage rendah lemak mengandung 93 kalori. Anda bisa memadukannya dengan mentimun untuk mendapatkan camilan yang menghidrasi dan mengenyangkan. 

Keju cottage adalah sumber protein yang baik, dan mentimun kaya akan air, yang berarti dapat membuat tubuh kenyang tanpa banyak kalori. 

9. Greek yogurt tanpa lemak

Setengah cangkir Greek yogurt adalah camilan sehat yang mengenyangkan dan mudah dibawa bepergian. Greek yogurt mengandung protein dan kalsium yang tinggi, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang.

Camilan greek yogurt juga kaya akan probiotik, yang meningkatkan kesehatan usus. Sebaiknya pilihlah jenis yogurt yang bebas lemak agar tetap berada di bawah angka 100 kalori.  


10. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Ditambah lagi, alpukat mengandung kalium, vitamin B6 dan asam pantotenat. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro