Garam/boldsky.com
Health

Dampak Konsumsi Garam Berlebih, Bikin Insomnia dan Tubuh Bengkak

Redaksi
Jumat, 3 November 2023 - 16:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Garam merupakan salah satu bahan pengawet dan juga tambahan penyedap rasa yang digunakan setiap memasak, tetapi tahukah kamu jika garam tidak selamanya baik bagi kesehatan?

Garam terdiri dari dua mineral yakni sekitar 40% natrium dan 60% klorida. Natrium inilah yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak. 

Namun tubuh juga membutuhkan natrium untuk bertahan hidup. Dalam jumlah kecil, natrium membantu saraf dan otot berfungsi dengan baik dan menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

Dilansir Cleveland Clinic (3/11/2023) Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram natrium sehari. Jumlah itu sekitar satu sendok teh garam meja. Jika terus menerus mengkonsumsi melebihi jumlah yang disarankan, maka dapat berdampak pada kesehatan.

Dampak Konsumsi Garam Berlebihan 

Pola makan yang banyak mengandung natrium dapat menahan cairan, yang menyebabkan pembengkakan dalam jangka pendek. Namun yang lebih memprihatinkan adalah dampaknya terhadap tubuh dari waktu ke waktu. 

Asupan natrium berlebih dapat berdampak negatif pada fungsi ginjal Anda . Hal ini juga menyebabkan tekanan darah tinggi, faktor risiko utama stroke.

Adapun dampak lain konsumsi garam berlebihan sebagai berikut :

1. Kembung 

Ketika perut terasa bengkak atau kencang, ini adalah salah satu efek jangka pendek yang paling umum dari terlalu banyak garam. Makanan tidak harus terasa asin karena mengandung banyak natrium. Sandwich, pizza, bagel, dan sup kalengan bisa menjadi sumber garam yang berbahaya.

2. Pembengkakan

Pembengkakan bisa menjadi tanda terlalu banyak natrium dalam tubuh.  Bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki dan pergelangan kaki kemungkinan besar mengalami pembengkakan. 

3. Insomnia

Jika terlalu banyak mengonsumsi garam sebelum tidur, dapat memicu gangguan pada tidur. Tanda-tandanya bisa berupa tidur gelisah, sering terbangun di malam hari, hingga kurang istirahat di pagi hari.

4. Menambah Berat Badan

Jika berat badan bertambah dengan cepat dalam seminggu atau bahkan beberapa hari, itu mungkin karena mengonsumsi terlalu banyak garam. Jika berat badan bertambah lebih dari 2 pon dalam sehari atau 4 pon dalam seminggu, pikirkan kembali makanan yang dikonsumsi  selama beberapa hari terakhir dan cobalah melakukan perubahan dengan mengurangi garam. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro