Ilustrasi kolagen
Health

8 Makanan Mengandung Kolagen Alami Tinggi untuk Tubuh

Redaksi
Rabu, 15 November 2023 - 10:21
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Kolagen merupakan protein alami dalam tubuh yang menyusun kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen serta memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meskipun tubuh secara alami memproduksi kolagen, namun produksinya cenderung menurun seiring bertambahnya usia dan akibat paparan sinar UV.

Untuk mencegah kekurangan kolagen, mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen dapat membantu meningkatkan cadangan kolagen dalam tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu tubuh memproduksi kolagen.

1. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang baik untuk membantu tubuh memproduksi kolagen secara alami.

Sebuah studi menemukan bahwa kolagen ikan adalah salah satu sumber makanan yang paling efisien dalam menyerap kolagen.

2. Buah jeruk

Meskipun buah jeruk tidak mengandung kolagen, buah ini mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kolagen dalam tubuh dan memainkan peran penting dalam proses tubuh untuk memproduksi kolagen sendiri.

3. Buah beri

Mirip dengan buah jeruk, buah beri merupakan sumber alami vitamin C. Vitamin C memungkinkan tubuh memproduksi kolagen dan menggunakannya secara efektif.

Jadi, meskipun buah beri tidak memiliki kolagen, buah beri dapat membantu tubuh memproduksi kolagen secara alami.

4. Telur

Putih telur merupakan sumber prolin, salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen. Sedangkan kuning telur kaya akan nutrisi yang penting untuk produksi kolagen dalam tubuh.

5. Kaldu tulang

Meskipun proses membuat kaldu tulang bisa sangat memakan waktu, tetapi kaldu tulang adalah salah satu makanan yang mengandung kolagen tinggi.

Proses perebusan tulang dan jaringan ikat yang lambat di dalam air memungkinkan kolagen di dalam tulang terurai menjadi gelatin, yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

Selain kolagen, kaldu tulang juga menyediakan asam amino esensial dan mineral, sehingga dapat membantu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh.

6. Ayam

Ayam, khususnya tulang rawan ayam merupakan sumber kolagen alami yang baik. Ayam kaya akan kolagen tipe 2, yang bermanfaat bagi kesehatan sendi dan dapat membantu meringankan gejala artritis.

7. Bawang putih

Bawang putih tidak mengandung kolagen itu sendiri, tetapi berkontribusi pada produksi kolagen dalam tubuh. Bawang putih kaya akan sulfur, yang mungkin berperan dalam produksi kolagen, dan mencegah kerusakan kolagen dalam tubuh.

Bawang putih juga mengandung taurin dan asam lipid, senyawa yang membantu membangun kembali serat kolagen yang rusak.

8. Produk susu

Produk susu, seperti susu, keju, dan yogurt, secara tidak langsung juga dapat mendukung produksi kolagen dalam tubuh. Meskipun tidak mengandung kolagen, produk ini kaya akan dua asam amino esensial, prolin dan glisin, yang merupakan komponen utama dalam molekul kolagen.

Asam amino ini memainkan peran penting dalam sintesis kolagen, membantu menjaga elastisitas kulit, memperkuat tulang, dan meningkatkan kesehatan sendi.

Selain itu, nutrisi lain seperti kalsium dan vitamin D yang ditemukan dalam produk susu dapat mendukung kesehatan dan perkembangan tulang secara keseluruhan. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro