Manfaat kolagen bagi kulit dan kesehatan tubuh/Healthline
Health

Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Kolagen, Baik Untuk Kulit, Sendi, dan Jantung

Kresensia Kinanti
Kamis, 20 Juli 2023 - 17:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kolagen adalah jenis protein yang berperan penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan, mulai dari tulang, tulang rawan, kulit, rambut, mata, dan sistem pencernaan. 

Orang terkadang mengabaikan pentingnya kolagen, tetapi kolagen sebenarnya bertanggung jawab atas 80% dari semua jaringan ikat.

Sebagian besar ditemukan di jaringan fibrosa seperti tendon, ligament, kulit dan juga berlimpah di kornea, tulang rawan, tulang, pembuluh darah, usus, dan cakram intervertebralis. Protein ini menyumbang 25-35% dari kandungan protein seluruh tubuh dan membentuk 1-2% jaringan otot.

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (20/7/2023), berikut adalah 10 manfaat mengonsumsi kolagen bagi tubuh:

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Suplemen kolagen (terutama jika dikombinasikan dengan kalsium) sangat baik bagi mereka yang menderita osteoartritis dan osteoporosis. Karena kolagen bekerja untuk mengikat kalsium, kolagen memiliki kemampuan untuk mengontrol melemahnya tulang. Oleh karena itu, kalsium dan kolagen sering digunakan dalam kombinasi untuk memperkuat tulang dan meningkatkan fleksibilitas.


2. Memperkuat Elastisitas Kulit

Karena kolagen mengikat jaringan ikat menjadi satu, kulit kita bergantung pada produksi kolagen tubuh kita sendiri untuk menjaganya tetap kuat dan sehat. Kolagen memungkinkan kulit untuk tetap kuat dan kenyal serta mempertahankan lapisan lemak yang menahan kulit kita agar tetap kencang pada tulang. 

Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen mulai berkurang, yang mengakibatkan efek penuaan seperti keriput dan kendur. Sinar UV setiap hari juga membantu memecah kolagen dan elemen-elemen ikat pada kulit.


3. Menyembuhkan Luka 

Kolagen dapat digunakan sebagai pembalut alami untuk luka karena dapat menyerap ekskresi luka, sekaligus membantu luka tetap lembab saat sembuh tanpa membiarkan infeksi bakteri berkembang. Ini bekerja saat molekul kolagen bersatu dan mengikat agar kulit baru dapat berkembang.


4. Memperkuat Gigi & Gusi

Kolagen dapat membantu mengikat gigi dan menjaganya agar tetap berada di dalam gusi. Faktanya, kolagen terdiri dari serat-serat yang ada dalam jaringan ikat yang membentuk gigi dan tulang.


5. Memperkuat Rambut dan Kuku

Kolagen adalah suplemen yang sangat baik untuk memperkuat kuku yang lemah dan rapuh. Tidak hanya itu, kolagen juga dapat membantu rambut tumbuh panjang dan kuat dengan meningkatkan protein pembangun rambut alami tubuh. Kolagen juga dapat memulai pertumbuhan rambut dan mengurangi tampilan uban, yang sangat baik untuk rambut rontok dan penuaan.


6. Meredakan Nyeri Sendi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan menambahkan kolagen ke jaringan tulang rawan, sel-sel tambahan dapat tumbuh, yang berarti Anda dapat memperoleh manfaat dari peningkatan mobilitas sendi dan berkurangnya nyeri artritis.

manfaat kolagen
manfaat kolagen


7. Menjaga Kesehatan Jantung dan Kardiovaskular

Kolagen telah dikenal untuk memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Kolagen juga dapat memperkuat pembuluh darah untuk meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh.


8. Meningkatkan Penyembuhan Cedera

Kolagen diperlukan untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan ikat untuk mendorong otot, kulit, dan persendian yang kuat. Karena kolagen juga memainkan peran penting dalam memperkuat tulang, tendon, tulang rawan dan ligamen, kolagen dapat digunakan untuk mendorong regenerasi massa otot untuk mendorong penyembuhan cedera, terutama cedera olahraga.


9. Mengurangi Penampilan Selulit

Karena kolagen sangat penting untuk kesehatan, elastisitas dan kekencangan kulit, kolagen akan memberikan efek positif pada selulit dengan bekerja dari dalam tubuh Anda untuk mengurangi tampilannya.

Selulit terjadi ketika jaringan lemak terdorong ke atas melalui serat-serat ke dalam lapisan atas kulit, yang menghasilkan efek berlesung pipit. Kolagen mendorong tubuh Anda untuk membangun kembali dan memperbaiki serat yang menyebabkan munculnya selulit.

10. Meningkatkan Kesehatan Umum Secara Keseluruhan

Kolagen telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan umum seperti membantu meningkatkan penglihatan, menyeimbangkan kadar insulin, menjaga kesehatan kolesterol, meningkatkan energi, dan memperkuat kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro