Rekomendasi destinasi wisata di bekasi - Sumber foto: native indonesia
Travel

Wisata Alam Bisa Meredakan Stres, Cek 5 Kegiatan yang Bisa Dicoba

Redaksi
Sabtu, 18 November 2023 - 13:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu meluangkan lebih banyak waktu wisata alam bisa berdampak positif pada kesehatan mental, karena bisa mengurangi stres, gangguan kecemasan, dan depresi.

Orang yang sering melakukan traveling ke alam, bisa memiliki rasa syukur yang besar, dibanding dengan orang yang  sibuk. Sebab, terkoneksi dengan alam bisa meningkatkan suasana hati. 

Dilansir dari Silvotherapy, Kamis (16/11/2023), penelitian menjelaskan orang yang koneksi alam, berpotensi mampu memerangi kesepian dan isolasi sosial. Saat Anda berasa di alam, maka bisa menikmati kesendirian, merefleksi diri, dan memiliki rasa keterhubungan Sang Pencipta.

Di dunia yang serba cepat dan saling berhubungan dengan Sang Pancipta, bisa saja dianggap sebagai isolasi sosial. Biasanya, orang pergi ke alam, untuk menghindari hiruk pikuk di kota besar.

Dilansir dari Psychology Today, studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki koneksi dengan alam bisa memiliki buffer effect dari kurangnya keterhubungan sosial. Hal ini bukan berarti bahwa alam menggantikan hubungan sosial.

Bila Anda memelihara hubungan personal dengan dunia, maka dapat membantu mengatasi permasalahan, sebab Anda akan belajar bersabar dan mengatasi gejolak batin. 

Dengan mencoba beberapa aktivitas saat berada di alam merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Berikut ini aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di alam.

1. Berkemah 

Aktivitas ini membutuhkan lebih sedikit tenaga fisik, selain berkemah dengan mendirikan tenda, Anda juga dapat mencoba berkemah dengan mobil. Namun, jika Anda ingin berkemah menggunakan tenda disarankan untuk membawa kasur berkemah agar anda tidak tidur tanpa alas yang bisa membuat tidur tidak nyenyak.

2. Memancing

Aktivitas ini membutuhkan lebih banyak kesabaran karena memakan waktu cukup lama untuk menangkap ikan akan tetapi jika Anda memancing di tepi danau atau naik perahu ke tengah danau Anda dapat merasakan ketenangan.

3. Berenang

Berenang merupakan cara yang bagus untuk menikmati alam bebas, dan sangat menyegarkan. Anda bisa berenang di kolam renang, laut, sungai, dan air terjun. 

4. Mendaki 

Aktivitas ini bisa dikatakan berbahaya dan lebih sulit dilakukan. Anda harus memiliki peralatan untuk mencobanya. Namun, Jika Anda seorang pemberani Anda bisa melakukannya dengan teman yang lebih tahu.

5. Berkebun 

Aktivitas ini tidak harus dilakukan tukang kebun yang terampil dalam menanam tanaman. Anda bisa membeli benih dan pot. Anda bisa menanam tanaman yang Anda inginkan.

Mencoba aktivitas di alam dapat memberikan kesempatan untuk bertemu dengan orang baru, membangun hubungan yang baik, berbagi pengalaman dan terhubung dengan orang lain yang memiliki minat yang sama. (Lala Wahyuningsih)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro