Pekerja pencegahan pandemi berangkat untuk menjaga bangunan lokasi karantina karena wabah penyakit Covid-19 berlanjut di Beijing, 8 Desember 2022. REUTERS/Thomas Peter/File Foto
Health

Fakta-fakta Covid Varian Baru yang Sudah Menyebar di Indonesia

Redaksi
Minggu, 10 Desember 2023 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Varian Covid EG.5 atau yang juga dikenal sebagai Eris telah dinyatakan oleh WHO sebagai varian yang perlu diwaspadai.

Menurut data dari WHO, hingga 7 Agustus 2023, Eris telah ditemukan di 51 negara, termasuk Cina, Amerika Serikat, Republik Korea, Jepang, Kanada, Australia, Singapura, Inggris, Prancis, Portugal, dan Spanyol.

Namun saat ini, Kementerian Kesehatan telah mengonfirmasi bahwa virus ini telah ditemukan di Indonesia.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah fakta-fakta tentang EG.5 atau Eris:

1. Sub-varian Omicron
Eris adalah sub-varian dari varian Omicron, khususnya XBB.1.9.2. Virus ini pertama kali diidentifikasi di Cina pada Februari 2023 dan sejak itu telah menyebar ke lebih dari 50 negara.

2. Lebih mudah menular
Eris dianggap lebih mudah menular daripada sub-varian Omicron sebelumnya, tetapi tidak jelas apakah lebih parah atau tidak.

Penelitian menunjukkan bahwa Eris dapat menyebabkan lebih banyak rawat inap daripada subvarian Omicron sebelumnya, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.

3. Mereka yang sudah divaksin masih berisiko terkena Eris
Eris tampaknya dapat melawan beberapa antibodi yang dihasilkan oleh vaksinasi COVID-19 sebelumnya. Hal ini berarti bahwa orang yang sebelumnya sudah divaksinasi mungkin masih berisiko terkena Eris.

4. Tanda dan gejala Eris
Gejala Eris mirip dengan gejala varian COVID-19 lainnya, termasuk demam, batuk, sesak napas, kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Beberapa orang dengan Eris mungkin juga mengalami kehilangan perasa atau penciuman.

5. Pengobatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk Eris. Perawatan bersifat suportif, mencakup istirahat dan obat-obatan untuk meredakan gejala. Dalam beberapa kasus, rawat inap mungkin diperlukan.

6. Pencegahan
Cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari Eris adalah dengan melakukan vaksinasi dan meningkatkan imun untuk melawan Covid-19 atau membantu melindungi tubuh agar tidak jatuh sakit.

Selain itu, Anda juga dapat melindungi diri Anda dari Eris dengan mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro