Ilustrasi dehidrasi/Istimewa
Health

Sering Menahan Lapar, Ini 10 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi
Rabu, 13 Desember 2023 - 18:33
Bagikan

6. Sembelit 

Efek samping lain yang terjadi dari kelaparan adalah sembelit. Tubuh menjadi lambat proses pencernaan untuk mengekstrak kalori, yang kemudian sering kali menyebabkan sembelit. 


7. Anoreksia Nervosa 

Anoreksia adalah kelainan makan yang ditandai dengan rasa takut akan kelebihan berat badan. Orang yang menderita anoreksia memiliki persepsi yang menyimpang terhadap citra tubuh mereka. Ini adalah kelainan kejiwaan yang lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria, ditandai dengan pembatasan asupan kalori yang disebabkan oleh diri sendiri.


8. Gangguan Kemampuan Kognitif 

Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang menderita anoreksia biasanya memiliki kecerdasan di atas rata-rata, 50% peserta dengan anoreksia ditemukan memiliki gangguan kognitif ringan.


9. Depresi 

Meskipun ada banyak kemungkinan penyebab seseorang mengalami depresi. Kekurangan gizi dan kelaparan juga dapat menyebabkan penurunan berat badan berlebihan yang dapat mengubah susunan kimiawi otak kita dan mengakibatkan gejala depresi dan kecemasan. 


10. Tekanan Darah Rendah 

Ketika tubuh merasakan kelaparan dan kekurangan nutrisi, tekanan darah tubuh mulai turun secara bertahap dan ketika tekanan darah turun terlalu rendah, organ-organ vital tidak mendapatkan cukup oksigen untuk berfungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro