Nasi putih2/boldsky.com
Health

12 Makanan yang Membuat Lapar, Nasi Putih Salah Satunya

Redaksi
Kamis, 23 November 2023 - 16:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada umumnya kamu makan untuk menunda lapar, tetapi tahukah kamu bahwa makanan yang kamu konsumsi bisa membuat lapar?

Kamu mungkin ingin ngemil sesaat setelah mengonsumsi makanan tertentu. Hal ini karena beberapa makanan justru meningkatkan nafsu makan dan membuat kamu semakin lapar.

Makanan yang dimaksud adalah makanan yang sebagian besar terdiri dari karbohidrat olahan dan tinggi gula sehingga kekurangan protein dan serat yang mengenyangkan. 

Kombinasi karbohidrat olahan yang tinggi, rendah serat dan protein dapat mengacaukan kadar gula darah dan berkontribusi pada rasa lapar dan nafsu makan yang tak pernah terpuaskan.

Lalu makanan apakah yang bisa membuat kamu lapar? Simak 12 jenis makanan yang membuat lapar dibawah ini: 

1. Croissant

Makanan yang satu ini bersisik, mengandung mentega dan cocok dengan kopi pagi. Namun, makan ini sangat rendah pada indeks kenyang. Croissant mengandung banyak tepung yang memberi lebih banyak kalori tanpa membuat kenyang. 


2. Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak sering kali mengandung pemanis yang dapat meningkatkan gula darah tanpa lemak susu yang dapat membantu merasa kenyang. Cobalah yogurt tawar dan penuh lemak dengan granola, beri segar dan kacang-kacangan, karena lebih banyak serat, lebih banyak kunyah dan lebih banyak rasa puas.


3. Muffins

Muffins mengandung tepung putih halus, gula dan lemak menambah kalori tanpa memuaskan rasa lapar sehingga muffin tidak menjadikannya pilihan pagi yang lebih baik.


4. Nasi putih 

Nasi putih dapat meningkatkan kemudian menurunkan gula darah yang membuat kamu lapar lagi. Pilihlah nasi basmati atau nasi merah, karena tidak menyebabkan reaksi lapar lagi dan  jangan memasaknya terlalu lama.


5. Putih telur

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jumlah lemak jenuh dan kolesterol dalam satu butir telur tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Namun untuk merasa kenyang lebih lama kuning telur adalah solusinya. Hal ini karena kuning telur adalah protein lengkap alami berkat asam amino yang digunakan tubuh untuk membangun sel.


6. Sereal Dengan Pemanis Buatan

Makanan dengan pemanis buatan dapat memengaruhi gula darah dan justru membuat lebih lapar. Hal ini mungkin terjadi karena ketika mendapatkan rasa manis tanpa kalori, tubuh masih mencari kalori tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro