Texas Chicken/instagram
Kuliner

Kaleidoskop 2023: Daftar Restoran Barat yang Tutup, Ada Wendy's hingga Carl's Jr

Mutiara Nabila
Sabtu, 23 Desember 2023 - 11:04
Bagikan

2. Texas Chicken 

Texas Chicken, waralaba restoran ayam goreng cepat saji asal Amerika Serikat, mengumumkan menutup sejumlah gerainya di Indonesia, khususnya yang dikelola oleh PT Cipta Selera Murni Tbk. (CSMI).

Hal ini karena putusnya hubungan waralaba antara Perseroan dengan Cajun Global LLC sebagai pemilik merek dagang. 

Penutupan gerai Texas Chicken sudah mulai dilakukan mulai 28 Februari 2023 saat Cipta Selera Murni tak lagi bisa menggunakan nama brand Texas Chicken.

CSMI sendiri membawa Texas Chicken ke Indonesia sejak 25 Juli 1983. 

Texas Chicken pertama kali membuka restoran pertama di Indonesia mulai 4 Juli 1984 di Pasar Baru, Jakarta Pusat dengan nama Texas Fried Chicken. 

Kemudian pada 1993, restoran ini mengganti namanya menjadi Texas Chicken. Sejak berdiri hingga mulai ditutup, Texas Chicken sudah memiliki lebih dari 35 gerai di seluruh Indonesia. 

CSMI menutup gerai Texas Chicken karena perusahaan mengalami kondisi, atau peristiwa, yang secara signifikan berpengaruh negatif terhadap kelangsungan usaha, baik secara finansial atau secara hukum. Perusahaan juga tidak dapat menunjukkan indikasi pemulihan. 

Perusahaan yang resmi melantai pada 9 April 2020 itu melaporkan penjualan sebesar Rp77,32 miliar pada 2020, turun signifikan dari 2019 yang mencapai Rp202,24 miliar. 

Anjloknya penjualan CSMI diikuti dengan rugi yang membengkak. Mereka melaporkan rugi sebesar Rp38,78 pada 2020, lebih besar dari Rp11,41 miliar pada 2019.

Namun, restoran cepat saji ini tak sepenuhnya tutup, karena masih ada Texas Indonesia yang dikelola oleh PT Quick Serve Indonesia yang masih tetap beroperasi dengan normal dan bahkan akan menambah gerainya di seluruh Indonesia. 

3. Hard Rock Cafe

Hard Rock Cafe Jakarta yang berlokasi di dalam Mal Pacific Place Jakarta resmi tutup permanen per 31 Maret 2023. Hal ini menuai sorotan publik. 

Pengumuman atas penutupan ini diunggah melalui Instagram resmi pecinta kafe Hard Rock @hrcworldwide yang mengatakan periode sewa yang sudah habis bersamaan dengan harga sewa tempat tersebut terlalu tinggi membuat pemilik franchise tidak sanggup untuk membayarnya. 

Sebelum menjadi rantai global dan merek yang diakui secara internasional, Hard Rock Cafe adalah satu restoran di London.

Dua pengusaha Amerika, Peter Morton dan Isaac Tigrett mendirikannya pada 1971, di mana Ayah dari Morton mendirikan jaringan Morton's Steakhouse Amerika yang populer.

Di Indonesia sendiri, pemilik lisensi dari jaringan kafe Amerika ini adalah Mugi Rekso Abadi (MRA). Bisnis tersebut sebenarnya didirikan oleh mendiang Adiguna Sutowo, ayah Indra bersama dengan Soetikno Soedarjo, ayah dari Dita Soedarjo. 

MRA Group merupakan sebuah konglomerasi bisnis yang membawahi beberapa lini bisnis, mulai dari kuliner, otomotif, media hingga perhotelan pun mereka miliki, salah satunya Hard Rock Cafe dan Cloud Lounge & Dining hingga es krim premium asal Amerika Haagen Dazs.

4. Carl's Jr

satu restoran cepat saji di Indonesia yakni Carl's Jr mengumumkan akan menutup operasionalnya di Indonesia pada 31 Desember 2023 mendatang.

Kabar itu disampaikan mereka di akun instagram resminya. 

"Terima kasih atas dukungan yang luar biasa selama 10 tahun. Carl's Jr. Indonesia akan mengakhiri operasionalnya yang selama ini beroperasi dibawah Mahadasha Group pada tanggal 31 Desember 2023," tulis pernyataan mereka.

Carl's Jr merupakan restoran siap saji asal Los Angeles Amerika Serikat yang didirikan pada 84 tahun lalu atau tepatnya pada 1941 oleh Carl dan Margaret Karcher yang memulai bisnis dengan meminjam uang senilai US$311 atau hampir Rp5 juta untuk membeli mobil Plymouth mereka.

Mereka menambahkan modal sebesar US$15 dolar dari uang mereka sendiri, untuk membeli kereta hot dog pertama mereka di persimpangan sibuk Florence & Central di Los Angeles, California.

Dikutip dari laman resminya, saat ini Carl's Jr memiliki tujuh cabang yang terletak di Jakarta.

Perinciannya yakni di Bintaro, Central Park, Buaran, Kertajaya Indah, Darmo Surabaya, Lotte Shopping avenue, dan Grand Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro