Cokelat hitam/popsugar.com
Health

10 Makanan Bantu Kurangi Kecanduan Gula

Redaksi
Jumat, 29 Desember 2023 - 14:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan manis kerap menjadi favorit banyak orang. Mulai dari aneka kue, coklat, hingga beragam bentuk permen sukses memanjakan lidah. Oleh karena itu, makanan manis kerap dikonsumsi secara berlebihan.

Kecanduan makanan manis membuat seseorang mengalami sugar craving. Sugar craving bisa menimbulkan konsumsi kalori berlebihan yang menimbulkan masalah seperti kelebihan berat badan, diabetes, hingga kerusakan gigi.

Namun tak perlu khawatir, ada cara untuk membantu Anda menghentikan keinginan untuk makan makanan manis berlebihan. Beberapa makanan ini mengandung gula alami yang jauh lebih sehat.

Dilansir dari beberapa sumber, Berikut 10 makanan yang bisa membantu melawan kecanduan gula.

1. Buah yang dilapisi cokelat hitam

Stroberi yang dilapisi cokelat hitam merupakan cara yang bagus untuk menambahkan sedikit rasa manis. Stoberi sumber serat yang baik dan senyawa bioaktif lainnya yang membantu memperlambat pelepasan karbohidrat ke dalam aliran darah. Terlebih lagi, cokelat hitam dikenal mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Selain stroberi, irisan kiwi, jeruk, dan pisang juga bisa menjadi pilihan sehat.

2. Buah kering

Buah kering menyediakan semua vitamin, mineral, serat, dan fitonutrien yang bermanfaat dan segar serta tetap memiliki manis. Namun jaga juga porsi buah kering karena kalori dapat bertambah dengan cepat.

3. Permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet bisa menjadi cara yang bagus untuk mengontrol keinginan makan gula. Permen karet mint yang dibuat dengan pemanis buatan memiliki rasa manis tetapi mengandung sedikit kalori dan tanpa gula.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengendalikan rasa lapar, mengidam, mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan asupan makanan berat karbohidrat di kemudian hari. Permen karet tanpa gula ini juga aman untuk kesehatan gigi.

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah cara yang bagus untuk melawan keinginan Anda makan makanan yang manis dan cokelat pada saat yang bersamaan.

Cokelat hitam memiliki kadar kakao yang lebih tinggi, yang mengandung antioksidan bermanfaat yang membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

5. Ubi jalar

Ubi jalar bergizi, manis dan sangat mengenyangkan. Tak hanya itu, ubi jalar mengandung karbohidrat tetapi juga serat dan sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin C dan kalium. Konsumsi karbohidrat dan serat yang cukup bisa membantu melawan kecanduan gula.

6. Buah segar

Buah memiliki manis alami dan dapat mencegah keinginan Anda konsumsi gula. Gula alami dalam buah beri, apel, jeruk, anggur, dan buah-buahan lainnya akan memuaskan keinginan Anda. Serat dalam buah akan menunda pencernaan dan penyerapan karbohidrat sehingga meningkatkan kepuasan Anda.

7. Yoghurt

Yoghurt rasa bisa menjadi cara yang bagus untuk memuaskan keinginan Anda akan sesuatu yang manis serta mendapatkan protein berkualitas tinggi, kalsium, dan banyak nutrisi lainnya.

Protein membantu memperlambat pencernaan sehingga akan membantu meredam pelepasan gula ke dalam aliran darah Anda.

8. Trail mix

Trail mix merupakan cara ampuh mengatasi keinginan terhadap sesuatu yang manis. Buah kering dan cokelat dalam campuran memberikan rasa manis yang cukup sementara kacang menyediakan serat dan protein.

9. Keju cottage dengan buah

Keju cottage dengan buah menambahkan sentuhan manis dengan manfaat tambahan dari manfaat nutrisi keju cottage. Keju cottage secara alami kaya akan protein dan rendah gula tambahan. Porsi single-serve umumnya kurang dari 150 kalori dan cukup manis.

10. Biji chia

Biji chia adalah sumber nutrisi penting yang baik, seperti asam lemak omega-3, serat makanan yang dapat larut dan beberapa senyawa tanaman yang sehat. Serat semacam ini dengan mudah menyerap air dan membantu kenyang lebih lama. Ini bisa mencegah mengidam gula yang tidak diinginkan. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro