Edamame/istimewa
Health

Manfaat Edamame bagi Kesehatan, Baik Bagi Tulang dan Gula Darah

Redaksi
Rabu, 20 Desember 2023 - 09:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kacang edamame adalah kedelai utuh yang belum matang, rasanya lezat dan mengandung semua asam amino esensial yang kaya akan kalsium, serat, vitamin C, dan zat besi. 

Edamame bisa menjadi pilihan camilan rendah kalori. Cara mengolah edamame untuk menjadi camilan sangat mudah, cukup hanya dengan direbus. 

Dikutip dari laman Healthline, 160 gram edamame matang mengandung 224 kalori, atau sekitar 7 hingga 11 persen dari asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa, tergantung pada usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas.

Simak kandungan edamame yang bermanfaat bagi kesehatan:

1. Kesehatan Tulang 

Edamame mengandung kalsium, yang membantu membangun tulang yang kuat. Mengonsumsi makanan edamame atau kedelai secara teratur dapat membantu menurunkan risiko patah tulang dan mengurangi osteoporosis, khususnya wanita pascamenopause.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai lebih efektif untuk meningkatkan kepadatan tulang dibandingkan mengonsumsi suplemen

2. Kekebalan Tubuh Lebih Kuat

Edamame dengan nutrisi, vitamin, dan antioksidannya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang sehat diperlukan untuk melindungi dirinya dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kesehatan tubuh.

3. Perlindungan Kulit

Mengonsumsi edamame juga dapat mengurangi efek penuaan kulit pada wanita pascamenopause. Kandungan antioksidannya mampu membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat lingkungan, paparan sinar matahari, dan cedera. Selain itu juga mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit dan menyebabkan munculnya kerutan dan kendur. 

4. Mengontrol Gula Darah

Edamame tidak meningkatkan kadar gula darag secara berlebihan, karena edamame merupakan kacang yang rendah karbohidrat dan kaya akan protein serta lemak sehingga sangat cocok bagi penderita diabetes dan bagus untuk diet rendah karbohidrat.

5. Menjaga Berat Badan

Konsumsi edamame juga bermanfaat dalam mengatur berat badan. Edamame mengandung serat yang mampu membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama dan menolak untuk makan secara berlebihan.

6. Baik untuk Pencernaan

Edamame merupakan sumber serat yang baik untuk memperlancar pencernaan. Sehingga membantu tubuh memindahkan makanan melalui usus dengan lebih efektif. Edamame juga dapat meningkatkan energi dengan memberikan nutrisi maksimal.

7. Kaya Folat

Mengonsumsi edamame dapat membantu pulih lebih cepat setelah berolahraga karena mengandung folat dan protein yang membantu pembentukan jaringan otot.

Folat adalah suatu bentuk vitamin B yang menjalankan fungsi sel penting yang mencakup membantu pembelahan sel, pertumbuhan, dan produksi. Folat juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk melindungi bayinya yang sedang berkembang dari cacat saraf lahir. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro