Peta Rusia, salah satu dari 10 Negara Terbesar di Dunia/researchgate
Travel

Ini Dia 10 Negara Terbesar di Dunia

Mutiara Nabila
Kamis, 11 Januari 2024 - 02:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di dunia, jumlah negara-negara terus bertambah. Saat ini ada 195 negara yang terdaftar di dunia, tersebar di berbagai benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Oseania. 

Namun, di antara ratusan negara tersebut, ada negara-negara terbesar di dunia, yang selalu menarik untuk diketahui. 

Negara-negara terbesar ini dikelompokkan berdasarkan populasi, wilayah administratif, dan luas total meliputi wilayah daratan dan perairan. 

Lantas, negara mana saja yang jadi negara terbesar di dunia? 

1. Rusia

Mengutip Worldometers, Rusia merupakan negara terbesar di dunia. Rusia memiliki luas total mencapai 17.098.242 km persegi atau menempati 11 persen daratan di bumi. 

Dari total luas tersebut, di dalamnya termasuk kolom air Danau Baikal, danau dengan volume air tawar terbesar di dunia. Wilayah Negeri Beruang Merah ini terbentang 77 persen di Benua Asia dan 23 persen di Benua Eropa.

2. Kanada

Kanada menempati posisi kedua sebagai negara terbesar di dunia. Negara ini memiliki luas sekitar 9.984.670 km persegi atau menempati 6,1 persen luas daratan bumi. 

Negara yang dijuluki Negeri Gunung Es ini menempati sekitar 2/5 wilayah Amerika Utara. Total luas Kanada juga termasuk 31.700 danau, salah satunya adalah Danau Superior seluas 82.100 km persegi. Adapun, garis pantai di Kanada mencapai 243.977 km.

3. China

Total luas wilayah China mencapai 9.706.961 km persegi, membuatnya menjadi negar terbesar ketiga di dunia.

Luas daratan Negeri Tirai Bambu sedikit lebih luas dibandingkan Amerika Serikat atau setara 2,2 persen dengan 1/3 wilayahnya didominasi oleh pegunungan, termasuk Gunung Everest.

Namun dari segi jumlah penduduk, China menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, dengan jumlah penduduk mencapai 1,42 miliar orang dari total 8 miliar orang di dunia.  

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat saat ini adalah negara terbesar keempat di dunia dengan luas sekitar 9.372.610 km persegi. Luas ini setara dengan 4 kali luas Indonesia.  

Hampir seluruh wilayah daratan Benua Amerika termasuk dalam wilayah negara Paman Sam. Sisanya hanya dibagi dengan Kanada, Meksiko, dan negara Amerika Latin lainnya.

5. Brasil

Brasil menduduki peringkat kelima negara terbesar di dunia dengan total luas wilayahnya kurang lebih 8.515.767 km persegi.  

Negara Samba ini mempunyai garis pantai sepanjang 7.491 km. Brasil pun menyandang predikat sebagai negara terpanjang di dunia. Brasil juga menjadi satu-satunya negara terbesar yang dilewati garis khatulistiwa dan Tropic of Capricorn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro