Peta Rusia, salah satu dari 10 Negara Terbesar di Dunia/researchgate
Travel

Ini Dia 10 Negara Terbesar di Dunia

Mutiara Nabila
Kamis, 11 Januari 2024 - 02:17
Bagikan

6. Australia

Negara yang juga disebut sebagai benua ini memiliki luas sekitar 7.692.024 km persegi, membuatnya masuk sebagai negara terbesar di Oceania.  

Negeri Kanguru ini tidak tergolong sebagai pulau, melainkan daratan atau benua. Meskipun dikelilingi lingkungan ekstrem dan daratan tandus, penduduk Australia sudah cukup mampu beradaptasi. 

7. India

India adalah negara terbesar ketujuh di dunia dengan total luas wilayah India sekitar 3.287.590 km persegi. 

Negara yang menjadi asal muasal industri Bollywood itu juga mempunyai garis pantai sepanjang 7.561 km, dengan perbatasan darat sepanjang 15.000 km, dan berbatasan dengan 7 negara. 

Selain itu, India disebut-sebut menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak setelah China dengan jumlah penduduk yang hampir sama, mencapai 1,42 miliar orang.  

8. Argentina

Argentina menjadi negara terbesar kedelapan dengan total luas wilayah mencapai 2.780.400 km persegi. Negara yang resmi berbahasa Spanyol ini terkenal dengan Pegunungan Andes.  

Meski memiliki wilayah yang luas, namun jumlah penduduknya hanya berkisar 45,38 juta jiwa. Negeri Tango ini juga terhubung langsung ke Chili, Bolivia, Uruguay, Brasil, dan Paraguay.

9. Kazakstan

Kazakhstan adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tengah. Luas wilayah Kazakhstan sekitar 2.724.900 km persegi atau 1,8 persen luas daratan bumi.  

Fakta unik tentang Kazakhstan adalah negara ini memiliki armada militer angkatan laut meski tidak memiliki lautan.  Tak heran jika negara ini disebut sebagai negara terkurung daratan terbesar di dunia.

10. Aljazair

Aljazair menempati peringkat ke-10 negara terbesar di dunia dengan luas wilayah mencapai kira-kira 2.381.741 km persegi.  

Aljazair adalah negara terbesar di benua Afrika. Sekitar 80 persen Gurun Sahara merupakan bagian dari negara ini.  Sedangkan jumlah penduduk tercatat sebanyak 43,85 jiwa sampai dengan 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro