Papan permainan scrabble
Entertainment

Sejarah 19 Januari, Permainan Papan Scrabble Pertama Kali Dijual

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 19 Januari 2024 - 08:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 19 Januari tahun 1955, permainan papan Scrabble mulai dijual di Inggris.

Scrabble, merupakan permainan papan di mana dua hingga empat pemain bersaing membentuk kata-kata dengan ubin berhuruf di papan berukuran 225 persegi.

Kata-kata yang dieja dengan huruf-huruf pada ubin saling bertautan seperti kata-kata dalam teka-teki silang.

Pemain menggambar tujuh ubin dari kumpulan di awal dan mengisi kembali persediaan mereka setelah setiap giliran. Ubin di kolam dan milik pemain lain dirahasiakan sehingga pemain hanya dapat melihat ubin di papan dan miliknya.

Seorang pemain dapat kehilangan gilirannya dan menukar salah satu atau seluruh ubinnya dengan ubin yang ada di kolam. Terdapat 100 ubin huruf, masing-masing dicetak dengan nilai poin untuk huruf yang berbeda, kira-kira sesuai dengan frekuensi kemunculan huruf dalam kata bahasa Inggris.

Kata-kata dinilai dengan menjumlahkan nilai poin dari huruf-hurufnya, dikalikan dengan 61 kotak premium yang mungkin tercakup, seperti huruf ganda, huruf rangkap tiga, kata ganda, dan kata rangkap tiga.

Penilaian seiring kemajuan permainan dapat dilakukan secara horizontal dan vertikal, dengan skor yang lebih tinggi dicatat dengan membentuk dua atau lebih kata yang saling terkait pada saat yang bersamaan.

Di akhir permainan, ketika salah satu pemain tidak memiliki ubin atau papan menemui jalan buntu, pemain yang mencetak poin terbanyak adalah pemenangnya. Nilai huruf yang tidak terpakai yang tersisa untuk pemain dijumlahkan dan dikurangkan dari skor mereka.

Awalnya bernama Criss Cross, permainan yang didasarkan pada teka-teki silang dan anagram ini dikembangkan oleh Alfred M. Butts, seorang arsitek, pada tahun 1931.

Permainan ini didesain ulang, diganti namanya menjadi Scrabble, dan dipasarkan oleh James Brunot pada tahun 1948. Permainan ini awalnya bernama Criss Cross. pertama kali dijual di Inggris Raya pada tahun 1954.

Scrabble kemudian diproduksi dalam banyak bahasa asing, Braille, dan edisi magnetis dan terus menjadi salah satu permainan papan dan ubin terkemuka di Amerika Serikat. Turnamen telah diadakan di Amerika Serikat sejak tahun 1973.

Pada tahun 2005 Scrabulous, versi online Scrabble yang tidak sah, dirilis, dan dua tahun kemudian memulai debutnya di situs jejaring sosial Facebook. Popularitas versi online yang luar biasa di situs tersebut segera menarik perhatian Hasbro, pemilik hak Scrabble di Amerika Utara.

Menghadapi tuntutan hukum oleh Hasbro, pencipta Scrabulous Rajat Agarwalla dan Jayant Agarwalla pada tahun 2008 merilis Wordscraper, sebuah permainan mirip Scrabble yang memungkinkan pemain mendesain papan mereka sendiri, dan kemudian pada tahun itu Facebook menonaktifkan Scrabulous untuk pengguna mereka di Amerika Utara.

Permainan ini, bagaimanapun, tersedia di situsnya sendiri, meskipun pada akhir tahun 2008 dikenal sebagai Lexulous, setelah penggantian nama yang diamanatkan pengadilan. Hasbro juga menyediakan game Scrabble resmi melalui Facebook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro