Aminah Cendrakasih, Google Doodle
Entertainment

Profil Aminah Cendrakasih yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Anshary Madya Sukma
Senin, 29 Januari 2024 - 08:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aminah Cendrakasih atau pemeran Mak Nyak di film si Doel Anak Sekolahan menjadi Google Doodle hari ini, Senin (29/1/2024).

Dilansir dari laman doodle.google, pengangkatan tema Aminah ini dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-86. Selain itu, Google juga mengakui bahwa Aminah merupakan aktris yang berpengaruh di industri film Indonesia.

"Doodle hari ini merayakan aktris Indonesia Aminah Cendrakasih, salah satu entertainer Asia Tenggara paling produktif dan populer pada masanya," tulis Google.

Dalam tampilan pencarian Google itu, gambar Aminah tampak ditempelkan dengan latar belakang televisi analog jadul yang memiliki latar belakang berwarna kuning membentuk oval.

Selain itu, huruf Google dalam tampilan tersebut nampak menjadi tulisan bersambung dengan warna biru yang dihiasi bunga yang lengkap dengan dedaunan.

Berikut profile Aminah Cendrakasih

Berdasarkan catatan Bisnis, Aminah lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Dia lahir dari pasangan pelawak Husni Nagib dan aktris Wolly Sutinah.

Pada 1955, Aminah sudah terjun di panggung sandiwara hingga membintangi film Oh, Ibuku produksi produksi Garuda Film dan Semeru Film di bawah pengarahan sutradara Ali Yugo. 

Kemudian disitat dari laman Festival Film Indonesia, pada 1955, Aminah bersama ibunya, Wolly Sutinah bermain dalam film Gambang Semarang.

Adapun, pada film ketiganya, Ibu dan Putri (1955) yang disutradarai Ha van Wu, Aminah diberi kepercayaan sebagai pemeran utama bersama dengan Lies Noor.

Tercatat Aminah sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama. Salah satu film yang membuat Aminah melejit di dunia perfilman yaitu Serampang 12 (1956).

Dua tahun berikutnya, Aminah kembali membintangi film Asrama Dara, produksi tahun 1958. Dia memerankan sosok Tari, seorang mahasiswa yang jatuh cinta kepada lelaki yang jauh lebih tua darinya.

Berkat pengabdiannya yang begitu lama di dunia film, pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional.

Puncak ketenaran Aminah Cendrakasih salah satunya usai sukses membintangi serial televisi bertajuk Si Doel Anak Sekolahan. Dia berperan sebagai Lela yang akrab disapa Mak Nyak, ibu dari pemeran utama yakni Doel yang dibintangi Rano Karno. 

Bahkan dalam film tersebut, Aminah masih dipercaya memerankan peran yang sama dalam film layar lebar Si Doel The Movie hingga Akhir Kisah Si Doel pada 2018.

Namun, aktris berjuta karya ini menderita penyakit kelumpuhan dan glukoma di masa tuanya. Akhirnya, pada 21 Desember 2022, Aminah 'Mak Nyak' Cendrakasih meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro