Tanda-tanda orang mengalami depresi/cadasorg
Health

Kenali Tanda-tanda Awal Depresi dan Cara Menanganinya

Redaksi
Selasa, 20 Februari 2024 - 14:54
Bagikan

Jika Anda sudah mengetahui bahwa Anda mengalami depresi maka Anda harus melakukan tips-tips berikut ini untuk menangani depresi yang Anda alami. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

1. Bicara dengan orang yang dipercaya

Berbicaralah dengan orang yang dipercaya tentang hal yang mengganggu pikiran Anda hal ini. Berbicara dengan orang di sekitar, akan membuat Anda merasa lebih tenang.

Sebenarnya, berbagi masalah memang tidak sepenuhnya dapat menyelesaikan masalahnya, akan tetapi Anda akan merasa bahwa masih ada orang yang mau mendengarkanmu. Berbicara dengan orang yang tepat dan dipercaya, dapat mencegah depresi agar tidak lebih parah.

2. Berpikiran positif

Ketika seseorang memiliki pikiran yang negatif akan mempengaruhi segala aspek kehidupannya. Oleh karena itu, Anda harus mempunyai pikiran yang positif. Dilansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, untuk selalu berpikiran positif bisa Anda lakukan dengan cara selalu memberi semangat dan selamat kepada diri sendiri ketika sudah melakukan atau mendapatkan sesuatu.

3. Melakukan hal-hal yang disukai

Dengan melakukan hal yang disukai akan mengubah mood seseorang, hal-hal positif juga dapat tercipta dari kegiatan yang disukai. Dilansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, seseorang yang sedang mengalami depresi akan kehilangan tujuan hidup nya oleh karena itu lakukan hal-hal yang diminati walaupun Anda kehilangan selera untuk melakukannya.

4. Melakukan olahraga

Olahraga menjadi salah satu tips yang dapat Anda lakukan ketika mengalami depresi, melakukan olahraga bukan hanya menyehatkan badan tetapi juga dapat menyehatkan pikiran.

Dilansir dari medicaldaily.com, para peneliti mencatat lebih dari 14.000 data peserta dari 218 studi tentang olahraga dan depresi menyatakan bahwa intensitas aktivitas yang berhubungan langsung dengan tingkat perbaikan gejala depresi. Olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga dapat memberikan manfaat yang signifikan. 

JIka Anda sudah mengetahui bahwa Anda mengalami depresi dan sudah melakukan tips-tips yang diatas akan tetapi tidak ada perubahan maka tips terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu berkonsultasi dengan ahli seperti psikolog. (Nur Afifah Azahra Aulia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro