Tips Jaga Kesehatan di Bulan Ramadan, Agar Tetap Fit dan Fokus Beribadah
Health

Tips Jaga Kesehatan di Bulan Ramadan, Agar Tetap Fit dan Fokus Beribadah

Mia Chitra Dinisari
Senin, 26 Februari 2024 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang bulan suci Ramadan, menjaga kesehatan adalah upaya terpenting yang harus dipersiapkan bagi seluruh umat Islam.

Mengingat iklim di Indonesia yang tak menentu, tubuh manusia perlu adanya persiapan khusus untuk penyesuaian saat menjalankan puasa.

Apakah menjaga kesehatan harus dilakukan dengan olahraga berat seperti gym? Apa harus dilakukan di luar rumah? Apa harus mengonsumsi makanan sehat yang mahal, supaya kesehatan dapat lebih terjaga? Ini dia penjabarannya.

Menjaga kesehatan dapat dilakukan secara mandiri. Cukup dengan membiasakan hidup sehat, menjaga segala bentuk asupan makanan, serta membatasi segala aktivitas yang berlebih. Apabila hal tersebut bisa diterapkan secara benar, maka kesehatan Anda dapat terjaga dengan baik.

Namun, perlu adanya penjelasan khusus mengenai tips yang sudah disampaikan di atas. Anda, bisa menerapkan tips ini apabila kesehatan Anda ingin terjaga selama bulan Ramadan.

Dilansir dari Kemenkes, ini tips menjaga kesehatan di bulan Ramadan:

1. Menjaga pola makan malam

Seringkali, manusia menyantap banyak makanan di malam hari ketika berbuka hingga setelah berbuka. Hal ini terjadi karena tubuh manusia tidak diisi makanan selama 12 jam, serta ketika waktu berbuka segala jenis makanan dan minuman dikonsumsi secara berlebih.

Kesalahan seperti ini kerap terjadi dan mengakibatkan sesak pada area perut, dan susah untuk melakukan aktivitas setelah berbuka.

2. Menjaga pola makan saat sahur

Saat menjalankan puasa, sahur memiliki peran penting dalam menjaga sekaligus meningkatkan stamina bagi tubuh manusia. Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan cairan yang menjadi sumber energi utama dalam tubuh. Saat sahur, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat mengandung serat tinggi, dan mengurangi makanan berminyak yang dapat menyumbat pembuluh darah, hingga menyebabkan kantuk.

3. Melakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit dalam sehari

Melakukan aktivitas secara ringan, dapat membantu melancarkan peredaran darah dan metabolisme dalam tubuh. Setidaknya, tubuh manusia dapat mengeluarkan keringat dan membakar sisa-sisa lemak di dalam tubuh.

Olahraga ringan seperti ini juga membuat tubuh manusia menjadi lebih sehat, fresh, dan semangat dalam beraktivitas.

4. Menjaga pola makan saat berbuka

Saat berbuka, manusia cenderung memilih makanan ringan dengan jumlah yang banyak. Hal ini harus dihindarkan, karena kesalahan seperti ini dapat menyebabkan perut penuh dan makanan yang sudah dibeli menjadi mubazir. Konsumsi makanan secara cukup, dan hindari mengkonsumsi makanan berat saat berbuka.

5. Menjaga pola tidur secara teratur

Menjaga pola tidur memiliki pengaruh yang cukup penting pada saat berpuasa. Karena, pola tidur akan menjadi penentu seseorang dalam beraktivitas. Umumnya, manusia tidur minimal sekitar 8 jam perhari. Namun, karena adanya aktivitas sahur jam tidur seseorang akan berkurang.

Sehingga, hal yang bisa dilakukan adalah dengan meminimalisir aktivitas secara berlebih, supaya waktu istirahat untuk tidur tidak terganggu.

Dengan adanya 5 tips di atas, maka Anda dapat memahami cara menjaga kesehatan dengan baik selama bulan Ramadan. Terapkan pola hidup sehat, dan membatasi aktivitas secara berlebih, supaya tubuh Anda tetap terjaga. Konsumsi makanan sehat dan kurangi makanan berminyak untuk mencegah hawa ngantuk yang sering terjadi di siang hari. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro