Cara mengatasi perut kembung/Shutterstock.com
Health

Tips Sehat, 10 Makanan yang Bisa Mengatasi Perut Kembung

Redaksi
Rabu, 21 Februari 2024 - 13:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perut kembung pasti pernah dialami oleh setiap orang. Ketika seseorang mengalami kondisi ini, mereka akan merasakan bagian perut penuh dan kencang. Hal ini bisa terjadi, karena adanya gas berlebih di dalam perut.

Mengalami perut kembung tentu menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri, bagian perut yang dipenuhi oleh gas dapat menimbulkan rasa sakit. Kondisi seperti ini, akan membuat seseorang kesulitan dalam melakukan aktivitas. 

Dilansir dari realsimple.com, Rabu (21/2/2024) perut kembung dapat mempengaruhi hingga 25% orang dan para wanita juga mengalami kembung hingga 75% saat mereka menstruasi.

Dari sumber berbeda, womenshealthmag.com, air mempunyai peranan penting untuk menghilangkan rasa kembung. terutama ketika Anda mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi. Akan tetapi air juga dapat menyebabkan kembung, maka hindarilah air bersoda yang dapat menambahkan gas kedalam pencernaan.

Simak makanan untuk mengatasi perut kembung:

1. Yogurt

Kandungan probiotik yang terdapat dalam yogurt dapat membantu Anda melancarkan sistem pencernaan tubuh. Sehingga, Anda tidak mengalami kesulitan dalam membuang air besar. Ketika pencernaan lancar, artinya Anda dapat mengatasi kembung yang disebabkan gas dan air dalam perut. 

2. Bluberi

Buah bluberi dapat membantu Anda untuk mengatasi perut kembung, mempunyai kandungan 85% hingga 95% air yang dapat memperlancar kerja usus. Tidak hanya kandungan air, bluberi juga memiliki serat larut yang dapat membantu Anda memperlancar sistem pencernaan.


3. Alpukat

Alpukat mempunyai kandungan potasium dan antioksidan yang cocok untuk mengatasi kembung. Kandungan ini membantu kinerja usus untuk memecahkan serat dan mengurangi asam empedu didalam tubuh yang menyebabkan kembung terjadi.

4. Pepaya

Kandungan enzim papain yang terdapat di buah pepaya berfungsi untuk menguraikan protein pada sistem saluran pencernaan. Tidak hanya itu saja, pepaya juga merupakan buah yang banyak mengandung serat yang dapat membantu Anda mengatasi perut kembung.

5. Bayam

Bayam mempunyai kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan ini juga mempengaruhi kinerja sistem cerna dalam tubuh, bayam dapat membantu untuk meredakan peradangan yang terjadi dan dapat digunakan untuk mengatasi kembung.

6. Seledri

Seledri merupakan sayuran yang memiliki kandungan serat tidak larut yang baik dengan kandungan air sebanyak 95%. Ketika perut sedang kembung mengonsumsi seledri dapat membantu melancarkan sistem pencernaan Anda dan dapat mengurangi rasa kembung akibat air dan gas yang berlebihan di dalam perut.

7. Jahe

Jahe mempunyai kandungan protease yaitu zingibain, kandungan ini dapat membantu Anda melawan gas didalam perut, sehingga sistem pencernaan bisa berjalan dengan lancar dan jahe juga dapat mengurangi pembentukan gas yang menyebabkan Anda mengalami kembung pada bagian perut. 

8. Timun

Timun memiliki banyak kandungan air yang dapat membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Mengkonsumsi time dapat membantu Anda dalam membersihkan jumlah air yang berlebih di dalam saluran pencernaan.

Kandungan yang terdapat di timun juga dapat merangsang Anda untuk membuang air kecil, sehingga sistem cerna dalam tubuh Anda bekerja dengan baik.

9. Asparagus

Asparagus mempunyai kandungan asam amino untuk mengurangi kadar air yang berlebih. Tidak hanya itu saja, asparagus juga mengandung serat prebiotik yakni dapat membantu kinerja baik pada usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan, sehingga dapat meredakan kembung yang dialami. 

10. Lemon

Ketika Anda mengalami kembung dengan minum air lemon dapat membantu mengatasi kembung Anda. Air lemon mempunyai rasa asam yang mirip dengan obat pencernaan lambung, dengan keasaman yang sama maka air lemon dapat membantu meredakan kembung,

Penelitian tahun 2022 yang diterbitkan European Journal of Nutrition, menyatakan bahwa lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menguraikan makanan lebih cepat di dalam perut Anda. Sehingga pencernaan menjadi lancar dan mengatasi kembung yang dialami. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro