Simak tips menjaga kesehatan tulang dan sendi/Istimewa
Health

Tips Sehat, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Redaksi
Senin, 19 Februari 2024 - 20:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang  wajib menjaga kesehatan tulang dan sendi perlu dilakukan sejak usia dini untuk masa pertumbuhan dan menjaga kestabilan tulang agar tidak nyeri sendi dan keropos.

Menjaga kesehatan tulang dan sendi tidak hanya dilakukan lewat olahraga, seperti berjalan kaki, berenang, senam, dan jogging. Namun perlu didorong dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan kalsium. Tujuannya, agar kepadatan tulang dapat terjaga secara maksimal. 

Simak makanan yang baik bagi kesehatan tulang dan sendi: 

1. Produk Olahan Susu

Oalahan susu sudah dipercaya oleh masyarakat umum memiliki khasiat untuk memperkuat tulang dan sendi karena mempunyai kandungan kalisum yang tinggi. Produk yang berbahan dasar susu dapat dijumpai dengan mudah oleh masyarakat, seperti yogurt dan keju.

Tak hanya kalsium, susu juga kaya akan vitamin B12 yang membantu untuk membangun massa tulang. Adapun bagi vegetarian dapat mengkonsumsi susu kedelai sebagai alternatif kebutuhan susu. 


2. Sayur-sayuran

Tidak hanya susu, sayur-sayuran juga mempunyai kandungan kalsium, vitamin K, dan magnesium. Kandungan tersebut bermanfaat guna menjaga kepadatan mineral pada tulang. Adapun brokoli, bayam, dan pakcoy.

3. Daging Ikan

Daging ikan memiliki kandungan vitamin D dan asam lemak omega-3, di mana vitamin mampu membantu penyerapan kalsium di usus, sedangkan omega-3 memiliki anti inflamasi. Sehingga bisa meminimalisir pengeroposan tulang (osteoporosis) dan nyeri sendi. Seluruh kandungan tersebut bisa diperoleh dari minyak ikan, ikan salmon, dan sarden. 

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kandungan magnesium pada kacang-kacangan dapat memasok nutrisi kesehatan tulang dan sendi. Kacang almond dan kacang tanah merupakan makanan yang mudah ditemui dan mengandung nutrisi tersebut. Tak hanya itu, biji chia dan rami juga mempunyai kandungan serupa dalam membantu kepadatan tulang.

5. Telur 

Mengkonsumsi telur secara rutin mempunyai khasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan sendir. Pasalnya, telur merupakan  sumber protein dan vitamin D yang membantu memperkokoh fondasi tulang dan melakukan penyerapan kalsium. 

6. Minyak Zaitun 

Minyak zaitun dapat menjadi alternatif dalam menggunakan minyak pada umumnya. Minyak ini kaya akan kandungan vitamin E dan K. Selain itu, minyak zaitun memiliki lemak tak jenuh yang dapat menyehatkan sendi dan jantung. 

7. Buah-buahan 

Buah-buahan dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko nyeri sendi. Buah jeruk dan beri merupakan jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C serta membantu pembentukan kolagen yang memiliki peran penting untuk struktur sendi. Selain itu, ada banyak buah-buahan lainnya yang memiliki manfaat serupa, seperti melon, kiwi, dan nanas. 

8. Cokelat Hitam 

Kakao yang merupakan bahan dasar pembuatan cokelat ternyata memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan pada sendi. Akan tetapi, kandungan memiliki kandungan lemak dan gula sehingga perlu diperhatikan komposisi kandungannya. 

9. Kaldu Tulang 

Kaldu tulang biasanya digunakan untuk membuat hidangan sop atau soto, di mana dalam kandungan kaldu tulang mempunyai glukosamin, kondroitin, dan asam amino. Kandungan tersebut membantu menjaga kesehatan sendi. 

10. Jamu

Kunyit, jahe, dan oregano biasanya dapat dijumpai dalam oalhan jamu yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Sifat anti inflamasi akan membantu menguatkan tulang dan mengurangi risiko nyeri sendi. 


Namun, rekomendasi tersebut perlu dikonsultasikan oleh tenaga kesehatan yang profesional agar komposisi makanan yang dikonsumsi dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh kita dan mendapatkan hasil yang maksimal. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro