Obesitas/clevelandclinic.org
Health

Hari Obesitas Sedunia, 4 Maret 2024, Simak Penyebab, Cara Mengatasi, dan Makanan Mencegah Obesitas

Redaksi
Senin, 4 Maret 2024 - 10:12
Bagikan

2. Pola makan yang sehat

Perubahan pola makan akan mempengaruhi berat badan, kerana asupan makanan yang masuk akan mempengaruhi tingkat lemak dalam tubuh. Pola makan yang sehat harus dilakukan para penderita obesitas, agar mendapatkan berat badan yang ideal, berikut rancangan pola makan yang sehat:

1. Memotong kalori

2. Membatasi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi

3. Mengonsumsi buah dan sayur


3. Memantau kemajuan

Penting untuk memantau kemajuan dari kegiatan yang dilakukan. Harus melihat apakah yang telah dilakukan dapat mempengaruhi penurunan berat badan, apabila tidak terjadi penurunan maka dapat mengganti metode untuk mengatasi obesitas. Hal yang perlu dilakukan yakni menimbang diri secara teratur serta catat berat badan dibuku harian.

Makanan yang baik untuk mengatasi obesitas

1. Yogurt

Dilansir dari healthshots.com, kandungan protein dan kalsium dalam yogurt, akan membantu untuk mengurangi nafsu makan yang berlebih. Adapun, kandungan probiotik yang baik untuk meningkatkan kesehatan usus. Oleh karena itu, mengonsumsi yogurt bagus untuk menurunkan berat badan dan dapat mencegah terkena obesitas.


2. Kacang

Beberapa jenis kacang sangat bagus untuk mengatasi berat badan yang berlebih. Kacang kaya akan protein, serat, dan lemak sehat yang dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang dianjurkan untuk para penderita obesitas, berikut jenis kacang yang dapat dikonsumsi:

1. Almond

2. Kenari

3. Kacang mete


3. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa sayuran hijau, juga mempunyai kalori yang rendah dan tinggi akan serat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi:

1. Bayam

2. Kangkung

3. Sawi


4. Buah beri

Penelitian dalam jurnal Nutrients, menemukan bahwa mengonsumsi buah beri dapat mengurangi risiko obesitas. Buah beri mempunyai kandungan antioksidan dan serat, kandungan ini dapat membantu untuk mencegah kenaikan berat badan. Berikut buah beri yang baik untuk dikonsumsi:

1. Stroberi

2. Bluberi

3. Rasberi

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro