Bunga telang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan
Health

Ini 9 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Gula Darah

Redaksi
Kamis, 7 Maret 2024 - 17:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bunga telang yang berasal dari Asia Tenggara ini, mempunyai kandungan antioksidan yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya mengatasi masalah gula darah yang dialami.

Dilansir dari pharmeasy.in, Kamis (7/3/2024) bunga telang telah menjadi bahan pokok dalam pengobatan Ayurveda di Asia Tenggara. Bunga ini disajikan sebagai teh herbal untuk menenangkan tubuh.

Banyak sekali manfaat yang ditawarkan apabila mengonsumsi bunga ini. Mari simak manfaat yang ada dalam bunga telang.

Simak manfaat mengonsumsi bunga telang untuk kesehatan tubuh

1. Menstabilkan gula darah

Kandungan antioksidan dalam bunga telang, dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Manfaat lain dari bunga ini, yaitu dapat mencegah terjadinya kerusakan sel yang berhubungan dengan penyakit diabetes.

Penelitian telah menunjukkan, mengonsumsi minuman dengan ekstrak bunga telang dapat menurunkan gula darah dan insulin.  

2. Mengurangi stres

Banyak cara yang dilakukan untuk mengonsumsi bunga telang, salah satunya yang paling populer, yakni dengan mengambil esktraknya untuk dijadikan teh. 

Stres yang dialami seseorang, akan menimbulkan rasa cemas yang berlebihan, dengan meminum teh ekstrak bunga telang,  membantu mengurangi kecemasan yang dialami dan menimbulkan rasa tenang apabila mengonsumsinya. Dilansir dari the-qi.com, meminum teh bunga telang bisa mengurangi gejala maag akibat stres.

3. Meningkatkan imunitas

Kaya akan antioksidan yang sangat berguna dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Mengomsumsi bunga telang, dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluhuran.

4. Mencegah kerusakan otak

Kinerja sistem otak akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Mengonsumsi bunga telang, membantu dalam meningkatkan kesehatan kognitif, yakni menjaga fokus.

Selain itu, senyawa aktif asetilkolin dalam bunga ini dapat meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan otak.

bunga telang, manfaat bunga telang
bunga telang, manfaat bunga telang

5. Melancarkan pencernaan

Teh bunga telang dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan, mengonsumsi bunga ini juga dapat memaksimalkan asupan nutrisi dan kalori dalam tubuh. 

Jika, Anda ingin mempunyai berat badan ideal, mengonsumsi teh bunga telang dapat membantu dalam mengendalikan berat badan. Penelitian menunjukan, mengonsumsi bunga telang dapat mengurangi nafsu makan seseorang, sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan Penglihatan

Memiliki kandungan antioksidan antosianin, berguna dalam meningkatkan aliran darah ke mata. Mengonsumsi teh bunga telang, dapat mengatasi penyakit glaukoma, kerusakan pada retina, mata lelah, dan penglihatan yang kabur.

7. Kesehatan reproduksi

Bagi, Anda yang sering mengalami masalah saat menstruasi, mengonsumsi teh bunga telang dapat mengatasi masalah yang dialami. 

Tidak hanya itu saja, bunga ini dapat membantu mengatasi masalah keputihan dan membantu dalam memproduksi sperma yang normal.

8. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok masih menjadi masalah yang sering dialami banyak orang. Kandungan antioksidan pada bunga ini, dapat membantu mengurangi rambut rontok dan menjaga kesehatan rambut.  


9. Mengatasi jerawat

Kandungan antioksidan dalam bunga ini, dapat melawan radikal bekas yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Menjadikan bunga telang sebagai bahan perawatan wajah, akan membantu mencegah timbulnya jerawat. Bagi, Anda yang sedang mengalami jerawat, mulai sekarang cobalah untuk menggunakan skincare dengan kandungan bunga telang. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro