Ilustrasi Perokok. /Imt.ie
Health

Riset Swiss Sebut Produk Tembakau Alternatif Efektif Kurangi Merokok

Rio Sandy Pradana
Rabu, 13 Maret 2024 - 12:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil penelitian menunjukkan produk tembakau alternatif diklaim lebih efektif dalam menekan kebiasaan merokok dibandingkan dengan konseling berhenti merokok.

Berdasarkan hasil riset yang dirilis Universitas Bern berjudul “Electronic Nicotine-Delivery Systems for Smoking Cessation”, dikutip Rabu (13/3/2024), produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik (vape), produk tembakau yang dipanaskan, dan kantong nikotin, menjadi salah satu opsi yang efektif bagi perokok dewasa untuk beralih dari kebiasaan merokok.

Adapun, kajian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine pada Februari 2024 itu menyimpulkan bahwa produk tembakau alternatif lebih efektif dibandingkan konseling berhenti merokok.

Pemimpin riset, Reto Auer menjelaskan studi ini dilakukan untuk membandingkan efektivitas, keamanan, dan toksikologi produk tembakau alternatif sebagai solusi berhenti merokok dibandingkan dengan metode lainnya.

"Tujuan dari riset ini untuk mengetahui seberapa efektif produk tembakau alternatif digunakan dalam jangku waktu lama serta bagian dari konseling berhenti merokok secara intensif," katanya.

Penelitian ini berlangsung selama enam bulan dengan melibatkan 1.246 peserta yang diperiksa secara klinis di lima universitas di Swiss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan produk tembakau alternatif meningkatkan keberhasilan berhenti merokok (abstinence) sebesar 21%.

Pada kelompok yang menggunakan produk tembakau alternatif, tingkat keberhasilan berhenti merokok mencapai 53%. Adapun tingkat keberhasilan berhenti merokok di kelompok yang tidak memaksimalkan produk tembakau alternatif sekitar 32%.

Beberapa waktu lalu, Guru Besar Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (SF-ITB), Rahmana Emran Kartasasmita menjelaskan produk tembakau alternatif, khususnya produk tembabakau yang dipanaskan, memiliki zat berbahaya dan berpotensi berbahaya (harmful and potentially harmful constituents) yang lebih rendah daripada rokok.

Hal ini dibuktikan melalui kajian literatur ilmiah berjudul Kajian Risiko (Risk Assessment) Produk Tobacco Heated System (THS) Berdasarkan Data dan Kajian Literatur pada 2022.

“Faktanya, berhenti merokok total sulit dilakukan perokok dewasa. Untuk itu, mereka disarankan beralih ke produk tembakau yang dipanaskan karena lebih rendah tingkat risiko kesehatannya,” terangnya.

Namun perlu ditegaskan, lanjutnya, produk tersebut bukan untuk non-perokok yang mulai mengonsumsi produk tembakau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro