Manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh./Medical News Today
Health

10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Penyumbatan Jantung

Redaksi
Jumat, 15 Maret 2024 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bawang putih bukan hanya sekedar bumbu dapur saja, mengonsumsi bawang putih dapat bermanfaat bagi kesehatan salah satunya dapat mencegah kesehatan jantung.

Pola makan yang dijalani mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh, apabila menjalani pola makan yang buruk maka kesehatan tubuh juga akan buruk begitu pula sebaliknya. Jika ingin mempunyai tubuh yang sehat wajib untuk memperhatikan dan menjalankan pola hidup yang sehat.

Dilansir dari pharmeasy.in, Jumat (15/3/2024), bawang putih mempunyai senyawa allicin, kaya akan mineral seperti fosfor, seng, kalium, dan magnesium selain itu bawang putih juga kaya akan vitamin C dan vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat mengonsumsi bawang putih bagi kesehatan:

1. Mencegah Penyumbatan Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu jenis penyakit dengan tingkat kematian yang paling tinggi. Data WHO menyebutkan pada tahun 2021 angka kematian akibat penyakit jantung mencapai 17,8 juta.

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan cara menjaga pola makan yang sehat salah satunya dengan bawang putih.

Mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengurangi lengketnya trombosit dalam darah, mengurangi efek pembekuan trombosit dan membantu mencegah penggumpalan darah yang tidak perlu di dalam arteri yang dapat mencapai jantung dan menyebabkan serangan jantung.

2. Mencegah Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek sering dialami banyak orang, penyakit ini bisa terjadi karena banyak faktor salah satunya karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat sehingga menyebabkan peradangan pada saluran pernafasan.

Mengonsumsi bawang putih mentah dapat membantu untuk menangkal infeksi batuk dan pilek. Cara untuk mengonsumsinya yakni haluskan 2 siung bawang putih dan makan saat kondisi perut kosong agar manfaat yang diberikan bisa lebih maksimal. 

Batu dan pilek dialami semua orang, tidak terkecuali anak-anak dan bayi. Biasanya untuk mengatasi penyakit yang diberikan yakni dengan meminum obat, namun ada alternatif lain yang dapat dilakukan yakni dengan menggantungkan bawang putih pada benang dan letakan di leher anak sebagai upaya meredakan gejala hidung tersumbat. 

3. Mengurangi kadar kolesterol

Kolesterol merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya lemak dalam darah. Produksi lemak ini terjadi melalui makanan yang dikonsumsi yakni makanan yang mengandung lemak jenuh.

Kadar kolesterol yang tinggi dipengaruhi oleh pola makan yang dijalani. Jika pola makan yang dijalani tidak sehat dan dibiarkan dalam jangka waktu lama maka dapat meningkatkan produksi lemak dalam organ hati sehingga menyebabkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

4. Meningkatkan Pencernaan

Sistem pencernaan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, ketika sistem pencernaan buruk maka tubuh tidak bisa menyerap makanan dengan lancar. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja sistem pencernaan salah satunya yakni dari pola makan yang dijalani. Jika ingin mempunyai sistem pencernaan yang baik maka ubah pola makan yang dijalani menjadi lebih sehat. 

Mengatasi sistem pencernaan yang buruk dapat dilakukan dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Banyak manfaat yang dapat diberikan bawang putih untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh yakni dapat mengurangi peradangan pada usus, membersihkan cacing didalam tubuh, serta menghancurkan bakteri jahat dan melindungi bakteri baik di usus.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Semua orang pasti ingin mempunyai kulit wajah yang sehat hingga rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan perawatan yang bagus untuk kulitnya. Mendapatkan kulit wajah yang sehat bisa melalui banyak cara yakni salah satunya menjaga pola makan.

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti mengandung banyak minyak atau gula dapat menimbulkan beberapa masalah kulit seperti jerawat atau komedo. Pola makan yang tidak sehat juga bisa mempercepat penuan pada wajah.

Mengonsumsi bawang putih dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan mencerahkan bekas jerawat, tidak hanya itu saja mengonsumsi bawang putih juga dapat melindungi wajah dari paparan sinar UV sehingga dapat membantu mencegah penuaan. Bagi, Anda yang mempunyai luka, ruam dan lecet bisa mengobati dengan meminum jus bawang putih. 

6. Mengurangi Efek atau Timbulnya Osteoarthritis

Osteoarthritis atau pengapuran tulang merupakan penyakit yang terjadi karena adanya kerusakan pada bagian tulang rawan. Penyakit ini menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya, mereka akan merasakan nyeri sendi saat melakukan pergerakan.

Bagi para penderita osteoarthritis akan lebih sulit untuk melakukan aktivitas karena terbatasnya pergerakan yang dilakukan. Namun tidak perlu khawatir, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi bawang putih secara rutin.

Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya membantu mengurangi atau mencegah risiko penyakit osteoartritis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih mengandung senyawa yang dikenal sebagai diallyl disulfide, senyawa ini dapat membantu menjaga kepadatan tulang sehingga berpotensi menunda timbulnya penyakit terkait tulang seperti osteoartritis.

7. Meningkatkan kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang cukup penting, jika ginjal mengalami masalah maka tubuh akan mengalami kesulitan untuk membuang racun atau kotoran.  

Mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan mencegah infeksi pada ginjal. Cara kerja bawang putih yakni dengan mengurangi infeksi pada luka. Tidak hanya itu saja, bawang putih juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan hati.

8. Menurunkan berat badan

Mempunyai berat badan yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan dan menyulitkan dalam melakukan pergerakan selama beraktivitas.

Jika ingin menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan menjaga pola makan, konsumsi makanan yang sehat seperti bawang putih, 3 gram bawang putih mengandung banyak vitamin B6, vitamin C, selenium, serat, kalium dan zat besi yang bagus untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol.

9. Mencegah kanker

Kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup mematikan di dunia. Kanker bisa terjadi karena beberapa faktor seperti gaya hidup, keturunan dan pola makan.

Gaya hidup mempunyai kunci penting dalam menjaga kesehatan tubuh, jika mempunyai gaya hidup yang tidak sehat tentu akan menimbulkan beberapa penyakit salah satunya yakni kanker paru-paru.

Dalam upaya mencegah risiko kanker paru-paru dapat mengonsumsi bawang putih, kandungan antioksidan yang ada dalam bawang putih dapat melindungi tubuh terhadap kanker paru-paru. 

10. Meningkatkan fungsi otak

Otak mempunyai peran penting dalam tubuh manusia yakni sebagai pusat kendali tubuh, jika otak mengalami masalah maka akan mempengaruhi kinerja otak salah satunya yakni kesulitan dalam mengenali objek.

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsi otak yakni melalui asupan yang dikonsumsi, bawang putih mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit demensia. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro