Seorang anak sedang sedih dan depresi. Ada beberapa cara yang  bisa dilakukan untuk menemukan inner child dalam diri sendiri, untuk memulihkan/The Indian Express
Health

Tips Menghilangkan Rasa Kecewa dan Kesedihan

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 - 08:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rasa kecewa dan kesedihan merupakan bentuk emosi yang pasti pernah dialami semua orang, namun apabila tidak ditangani dengan benar akan berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Rasa kecewa dan sedih bisa terjadi karena berbagai faktor mulai dari faktor internal seperti tidak bisa mencapai sesuatu sesuai target yang telah dibuat sehingga kecewa dengan diri sendiri dan bisa terjadi karena faktor eksternal yakni disebabkan karena perkataan atau sikap dari orang lain.

Banyak orang yang sulit mengendalikan emosi sedih dan kecewa, jika tidak bisa mengendalikannya akan berdampak pada kehidupan yang dijalani yakni yang paling buruknya dapat mengalami depresi.

Dilansir dari berkeleywellbeing.com, rasa kecewa memang sulit dihindari tetapi bisa diatasi melalui pola pikir dengan membatasi jumlah kekecewaan yang dirasakan. Mulai sekarang cobalah untuk mengubah pola pikir ke arah yang lebih positif agar terhindar dari segala bentuk kekecewaan dan kesedihan.

Simak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa kecewa dan kesedihan

1. Membiarkan diri merasakan kecewa dan kesedihan

Banyak orang yang mengalami kecewa atau kesedihan karena orang lain, bentuk emosi yang dirasakan mempersulit seseorang untuk dapat berpikir dengan jernih sehingga berakibat pada keputusan yang akan dibuat, hal ini bisa terjadi karena banyak dari mereka yang menolak rasa kecewa dan sedih yang dialaminya.

Mulai sekarang cobalah untuk menerima segala bentuk rasa kecewa dan sedih yang dialami karena jika menyangkal atau menolak perasaan tersebut hanya akan memperburuk keadaan dan membuat Anda kesulitan mencari solusi untuk memperbaikinya sehingga dampaknya membuat Anda semakin terjebak dalam situasi tersebut.


2. Bersikap baik pada diri sendiri 

Terkadang terlalu memikirkan orang lain menjadikan seseorang lupa untuk memikirkan perasaan dirinya sendiri, melupakan diri sendiri dan hanya memikirkan orang lain dapat menimbulkan rasa kecewa dan sedih disebabkan faktor eksternal jauh lebih besar.

Mulai sekarang cobalah untuk menerapkan sikap menyayangi diri sendiri, banyak manfaat yang diberikan apabila menyayangi diri sendiri salah satunya yakni dapat menjaga kesehatan mental sehingga dapat mengatasi dan menghilangkan rasa kecewa dan kesedihan yang dialami. 

Langkah yang dapat dilakukan yakni jangan memaksakan diri mempunyai standar yang terlalu tinggi, jangan membandingkan diri dengan orang lain, dan memperhatikan apa yang membuat diri merasa nyaman dan tidak nyaman.


3. Memberikan diri sendiri penghargaan

Banyak hari-hari yang telah dilewati pasti terdapat beberapa hari yang tidak menyenangkan karena mengalami kejadian yang membuat Anda kecewa dan sedih, bentuk emosi ini dapat mempengaruhi aktivitas yang dilakukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan serta mengatasi rasa kecewa dan kesedihan yakni dengan memberikan diri sendiri penghargaan. 

Bentuk penghargaan yang dapat diberikan pada diri sendiri yakni dengan memaafkan segala kesalahan yang dilakukan dan belajar untuk memperbaikinya. Cara lainnya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan selalu mengapresiasi apapun yang telah dilakukan baik itu bentuk keberhasilan atau kegagalan.  


4. Jangan memikirkan apa yang akan terjadi

Banyak orang yang terlalu memikirkan sesuatu yang akan terjadi, sebenarnya apa yang dipikirkan belum tentu akan terjadi dan hanya akan memberikan dampak yang buruk yakni menjadikan seseorang lebih takut dalam menjalani kehidupan.

Mulai sekarang cobalah untuk tidak memikirkan hal buruk yang belum tentu akan terjadi karena semakin memikirkan apa yang belum terjadi hanya akan menimbulkan rasa kekecewaan dan membuat seseorang lebih sulit untuk keluar dari masalah yang dialaminya.


5. Melihat hikmah dari kejadian yang dialami

Sebagian orang yang menghadapi masalah hanya memikirkan bagaimana cara keluar dari masalah tersebut dan terkadang merasa bahwa hanya dirinya lah yang mendapatkan masalah yang begitu sulit untuk diatasi sehingga menimbulkan rasa kesedihan yang berkepanjangan.

Mulai sekarang cobalah untuk melihat masalah yang terjadi dari sisi positifnya yakni melalui hikmah yang didapatkan dari masalah tersebut. Mensyukuri apa yang telah terjadi melalui hikmah yang didapatkan dapat membantu dalam mengatasi rasa sedih yang dialami. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro