Ilustrasi/Thegrindstone
Health

11 Alasan Jangan Berekspektasi Lebih ke Orang Lain

Redaksi
Kamis, 23 November 2023 - 11:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak dipungkiri bahwa setiap manusia sering berekspektasi di dalam sebuah hubungan asmara, keluarga, hingga lingkungan sosial. Tidak jarang, kekecewaan disebabkan oleh ekspektasi diri sendiri yang tidak realistis. 

Anda dapat membangun pikiran yang lebih sehat serta mendapat kehidupan yang lebih menyenangkan dengan mengubah pola pikir dan menghindari beberapa hal sebagai berikut:

1. Mengharapkan Mereka Memahami Anda

Saat Anda berharap orang lain untuk selalu mengerti dan memahami Anda bisa menyebabkan frustrasi. Setiap orang mempunyai latar belakang, pengalaman, dan sudut pandang yang berbeda. Komunikasikan dan ingat jika kesalahpahaman adalah bagian normal dari interaksi manusia. 

2. Mengharapkan Mereka Selalu Setuju dengan Anda

Mengharapkan orang lain agar selalu setuju dengan ide atau pendapat Anda akan menimbulkan kekecewaan. Setiap orang memiliki keyakinan dan proses berpikir masing-masing maka, perbedaan pendapat atau sudut pandang adalah hal wajar dalam hubungan apa pun. 

3. Mengharapkan Mereka Selalu Memihak Anda

Membutuhkan dukungan dari teman dan keluarga adalah hal yang wajar, tetapi berharap agar mereka selalu memihak Anda apa pun situasinya, merupakan hal yang tidak realistis. Seorang teman sejati akan memberi sudut pandang yang jujur, bukan sekedar persetujuan. 

4. Mengharapkan Mereka Mengetahui Apa yang Anda Inginkan Tanpa Mengatakannya

Ungkapkan kebutuhan Anda secara jelas daripada berpikir bahwa mereka seharusnya mengetahuinya karena  dapat menyebabkan kesalah pahaman dan harapan yang tidak terpenuhi hingga berakhir kekecewaan.

5. Mengharapkan Mereka Selalu Mendahulukan Anda

Akan ada saatnya Anda bukan prioritas utama, dan itu tidak masalah. Memahami dan menghormati kehidupan masing-masing penting untuk hubungan yang sehat.

6. Mengharapkan Mereka Menjadi Sempurna

Setiap orang mempunyai kekurangan dan kesalahan. Berharap kesempurnaan dari orang lain akan memupuk kekecewaan dan dapat membuat hubungan menjadi tegang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro