Teh oolong bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan./Healthline
Health

10 Manfaat Teh Oolong, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Redaksi
Sabtu, 23 Maret 2024 - 11:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teh oolong mempunyai banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh dengan mengonsumsinya membantu mencegah beberapa penyakit dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pola hidup yang sehat salah satunya yakni meliputi makanan yang dikonsumsi, apabila mengabaikan kandungan asupan yang masuk kedalam tubuh maka akan berdampak negatif pada kesehatan.

Dilansir dari myteadrop.com, Sabtu (23/3/2024) teh oolong merupakan teh buatan tangan yang berasal dari Tiongkok dan Taiwan dan telah menjadi jenis teh yang baik untuk kesehatan karena mempunyai antioksidan seperti EGCC yang dapat membantu dalam mengurangi risiko berbagai penyakit.

Simak manfaat teh oolong bagi kesehatan tubuh

1. Menurunkan berat badan

Berat badan masih menjadi masalah kesehatan yang sering dialami baik wanita maupun pria. Seseorang yang mempunyai berat badan berlebih akan lebih sulit menjalankan aktivitas karena terbatasnya pergerakan yang dilakukan, tidak hanya itu saja adapun penyakit yang dapat ditimbulkan yakni seperti obesitas.

Banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan berat badan salah satunya yakni karena faktor gaya hidup yang tidak sehat dengan tidak memperhatikan asupan yang masuk kedalam tubuh. 

Upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan yakni dengan memperhatikan asupan yang masuk ke tubuh, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi minuman teh oolong dalam mencegah kenaikan berat badan.

Teh oolong dapat membantu oksidasi lemak yang berlebih dengan cara mendorong enzim aktif dalam tubuh sehingga kinerja metabolisme lebih cepat dan berdampak dalam penurunan berat badan. 


2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Salah satu masalah kesehatan yang masih banyak terjadi yakni penyakit diabetes tipe 2, penyakit ini tidak bisa disembuhkan akan tetapi dapat ditangani dengan mempertahankan kadar gula darah agar tetap normal. 

Upaya yang dapat dilakukan yakni dengan memperhatikan asupan makanan maupun minuman yang masuk kedalam tubuh. Mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi teh oolong dalam upaya menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Penelitian di Jepang menemukan bahwa dengan mengonsumsi teh oolong setiap harinya selama 30 hari dapat mengurangi kadar glukosa peserta sebesar 30%.


3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai serangan penyakit, mulai sekarang cobalah untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi sebagai upaya yang dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi teh oolong dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena teh ini mempunyai kandungan flavonoid yang berguna dalam mencegah kerusakan sel sehingga dapat meningkatkan protein antibakteri dan menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.


4. Menurunkan risiko stroke

Bagi penderita stroke akan mengalami kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya karena mereka kehilangan kontrol dalam dirinya yang disebabkan adanya sumbatan di pembuluh darah atau terdapat pembuluh darah yang pecah.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko stroke yakni dengan mengonsumsi teh oolong, teh ini memiliki banyak khasiat yang bagus dalam mencegah terkena stroke. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi satu cangkir teh oolong dalam sehari dapat menurunkan risiko lebih kecil terkena stroke dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Adapun penelitian lainnya yang menyatakan bahwa mengonsumsi tiga cangkir dalam sehari dapat menurunkan risiko terkena stroke sebebasar 21%.


5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu jenis penyakit yang paling mematikan, upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi terkena penyakit jantung yakni melalui asupan yang dikonsumsi, mulai sekarang cobalah untuk meminum teh oolong.

Mengonsumsi teh oolong dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah sehingga dapat membantu dalam menjaga jantung tetap dalam kondisi yang sehat.

Penelitian menunjukan bahwa orang yang mengonsumsi teh oolong memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. 


6. Membantu dalam menjaga kesehatan kulit

Banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan kondisi kulit yang sehat terbebas dari segala masalah kulit. 

Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit salah satunya yakni faktor pola makan, perawatan luar saja tidak cukup untuk menghasilkan kondisi kulit yang sehat diperlukan juga asupan yang baik agar dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi teh oolong sebagai upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit, teh ini mempunyai kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan kulit dalam menangkal radikal bebas sehingga mampu untuk menghilangkan kerutan dan mencegah penuan dini.


7. Meningkatkan kualitas tidur

Mempunyai kualitas tidur yang buruk akan mengganggu aktivitas yang dijalankan dan berdampak pada kesehatan, upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kualitas tidur yakni melalui pola makan yang dijalani.

Mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi teh oolong sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas tidur, teh ini mempunyai kandungan GABA yang telah terbukti mampu dalam menciptakan tidur yang nyenyak.

Adapun kandungan L-theanine dalam teh oolong merupakan asam amino yang membantu dalam merangsang gelombang alfa di otak sehingga membantu tubuh menjadi tenang dan mengurangi tingkat stress. 


8. Memperkuat kepadatan tulang

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang yang disebabkan karena kurangnya kepadatan tulang sehingga tulang lebih mudah keropos atau retak. 

Mulai sekarang cobalah untuk mengonsumi teh oolong kaya akan kandungan kalium dan magnesium dapat membantu dalam memperkuat kepadatan tulang sehingga dapat menurunkan risiko osteoporosis. 


9. Membantu melawan kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan didunia, banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit ini timbul salah satunya yakni pola makan yang tidak sehat. Mulai sekarang cobalah untuk memperhatikan asupan makanan maupun minuman yang dikonsumsi sebagai upaya dalam mencegah kanker.

Mengonsumsi teh oolong yang mempunyai kandungan antioksidan dan aktif melawan radikal bebas menjadi upaya yang dapat dilakukan untuk melawan kanker. Penelitian di Tiongkok menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi teh oolong, teh hitam, atau teh hijau memiliki risiko lebih kecil terkena kanker ovarium.


10. Meningkatkan kinerja otak

Kesehatan otak akan mempengaruhi kinerja tubuh keseluruhan, jika kinerja otak terganggu maka kinerja tubuh lainnya juga akan terganggu. Menjaga kesehatan otak harus dilakukan salah satunya yakni melalui asupan yang dikonsumsi, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi teh oolong.

Teh oolong mempunyai kandungan polifenol yakni dapat mencegah protein plak yang menyerang otak sehingga membantu mengurangi tingkat stres dan bisa mencegah penyakit otak seperti alzheimer. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro