Foto: 7 Tips Melakukan Perjalanan dengan Kereta Api
Travel

7 Tips Melakukan Perjalanan dengan Kereta Api

Media Digital
Selasa, 26 Maret 2024 - 14:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kereta api sampai saat ini masih menjadi transportasi yang dipilih oleh banyak orang untuk mudik. Ini dapat terlihat dari ramainya stasiun ketika musim mudik tiba. Di samping juga tiket kereta api yang cepat habis.

Melakukan perjalanan dengan kereta api bagi sebagian orang adalah perjalanan yang menyenangkan dan nyaman. Ini karena kereta api umumnya memiliki fasilitas yang memadai. Disamping juga durasi perjalanan yang terkadang lebih cepat dari moda transportasi darat lain.

Untuk meningkatkan pengalaman menggunakan kereta api untuk mudik, berikut ini adalah tujuh tips yang dapat kamu ikuti. Harapannya dapat membuat perjalanan kereta apimu lebih lancar dan menyenangkan.

  1. Beli Tiketmu Secara Online
    Untuk menghindari antrean panjang di stasiun ada baiknya kamu membeli tiket kereta api secara online. Membeli tiket secara online memungkinkan kamu untuk memilih tempat duduk dan mengecek ketersediaan tiket dari rumah. Kamu bisa membeli tiket kereta api di platform online atau aplikasi seperti Traveloka.
  2. Datang ke Stasiun Lebih Awal
    Datanglah ke stasiun kereta api setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Ini memberi kamu cukup waktu untuk masuk ke dalam stasiun, melakukan check-in jika diperlukan, dan berjaga-jaga terhadap kemungkinan perubahan jadwal.
  3. Pakai Pakaian yang Nyaman
    Kenyamanan adalah kunci saat melakukan perjalanan jarak jauh. Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Jika kamu bepergian di malam hari atau di ruang AC yang dingin, bawalah jaket atau selimut tipis untuk menjaga tubuhmu tetap hangat.
  4. Bawa Snack dan Minuman
    Kereta api saat ini memang sudah menyediakan layanan makanan yang lengkap. Tapi, membawa snack dan minuman sendiri bisa membantu kamu menghemat uang dan memastikan kamu tetap terhidrasi dan tidak lapar selama perjalanan.
  5. Siapkan Hiburan
    Perjalanan dengan kereta api bisa memakan waktu beberapa jam. Maka dari itu, ada baiknya siapkanlah hiburan untuk diri sendiri. Ini misalkan buku, musik, podcast, atau film dapat menjadi teman perjalanan yang baik. Pastikan perangkat elektronik yang kamu miliki terisi daya penuh.
  6. Tetap Aman dan Waspada
    Meskipun kereta api adalah salah satu mode transportasi yang aman, penting bagi kamu untuk tetap waspada terhadap barang bawaanmu. Jaga barang berharga dekat denganmu dan jangan meninggalkannya tanpa pengawasan. Ada baiknya untuk menyimpan barang berharga seperti dompet dan smartphone pada tas kecil yang dapat kamu bawa kemanapun kamu pergi.
  7. Ikuti Aturan dan Protokol Kesehatan
    Terakhir, pastikan kamu mengikuti semua aturan dan protokol kesehatan yang berlaku. Gunakan masker, jaga jarak, dan sering-seringlah mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer untuk melindungi dirimu dan penumpang lain dari risiko penularan penyakit.

Berikut adalah tips terkait perjalanan mudik menggunakan kereta api. Dengan mempersiapkan perjalananmu dengan baik dan mengikuti tips di atas, kamu bisa menikmati perjalanan dengan kereta api yang tidak hanya nyaman tapi juga lancar. Selamat berpergian!

Kamu bisa membeli tiket kereta api untuk mudik di platform seperti Traveloka. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, membeli tiket melalui platform online memberikan keuntungan. Diantara keuntungan tersebut adalah adanya promo dan diskon yang kadang diberikan seperti yang diberikan Traveloka saat ini. Karena, Traveloka menawarkan promo ramadhan dan promo lebaran yaitu Rama dan Promo Kenyamanan.

Pada bulan ramadhan ini, Traveloka menawarkan Rama dan Promo Kenyamanan pada 11 Maret hingga 21 April 2024. Pada promo ramadhan atau promo lebaran ini, Traveloka menawarkan beragam promo. Mulai dari diskon tiket pesawat, diskon hotel dan Xperience s.d 50% di aplikasi Traveloka!. Jadi, dapat wujudkan momen kebersamaan lebaran dan idul fitri dengan lebih menguntungkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami