Hari Pemeriksaan Perempuan dirayakan pada 13 Mei 2024/Australian Senior
Health

Sejarah Hari Pemeriksaan Perempuan dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Redaksi
Senin, 13 Mei 2024 - 09:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Pemeriksaan Perempuan resmi diperingati pada setiap Senin minggu kedua di bulan Mei. Perayaan hari tersebut dilakukan untuk menunjang kesehatan para perempuan dengan cara, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Di tahun ini, hari peringatan tersebut jatuh pada tanggal 13 Mei. Hari tersebut menjadi salah satu fokus yang diterapkan oleh para dokter dan tenaga kesehatan lainnya, untuk mendorong perempuan hebat supaya lebih berani mengambil langkah kesehatan yang lebih baik.

Dilansir dari nationaltoday.com, Senin (13/5/2024) Hari Pemeriksaan Perempuan dilatarbelakangi oleh faktor biologis, sosial, maupun perilaku. Melihat dari banyak sudut pandang dan pemahaman yang dianut oleh banyak orang, perempuan berada pada posisi yang dirugikan dalam hal sosial dan ekonomi. Hal tersebut yang membuat banyak perempuan, kehilangan akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik.

Para ahli juga berpendapat bahwa perempuan harus mendapatkan perhatian khusus, terutama dalam hal kesehatan reproduksi. Perempuan akan menikah, mengandung, dan melahirkan dengan tahapan yang panjang, serta membutuhkan pemeriksaan secara tepat. Organ reproduksi pada perempuan, menjadi salah satu hal yang harus dijaga dan dirawat dengan baik.

Pada abad ke-20 Amerika Utara dan negara Eropa lainnya melakukan aksi yang diwakili oleh para buruh. Aksi tersebut dilakukan dengan tujuan menuntut kesetaraan dalam konteks pelayanan kesehatan bagi kaum perempuan.

Hal tersebut dilanjutkan dengan momen bersejarah yang harus diingat dari perjuangan Hari Pemeriksaan Perempuan pada 40 tahun yang lalu. Gerakan Kesehatan Perempuan berhasil menyuarakan pendapat terkait pelayanan kesehatan yang dapat diakses oleh semua kalangan. 

Sampai saat ini, aksi tersebut berubah menjadi gerakan politik yang memiliki akses secara cukup untuk mengangkat isu dan persoalan kesehatan perempuan. Bahasa feminisme lebih banyak digunakan dan menjadi salah satu hal yang harus diterapkan oleh kaum perempuan.  

Sebagai kaum perempuan, tak puas rasanya apabila tidak memahami dan mengikuti cara memperingati Hari Pemeriksaan Perempuan secara tepat.

Simak alasan perlu Hari Pemeriksaan Perempuan:

1. Peningkatan kesehatan 

Peningkatan kesehatan merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk menunjang kesehatan secara baik dan benar. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara mengikuti berbagai kegiatan kesehatan seperti berolahraga, melakukan pemeriksaan, dan kegiatan lain yang mampu mendatangkan hal positif bagi diri sendiri. 

Peningkatan kesehatan memiliki tujuan lain berupa batasan pertahanan yang dibuat oleh manusia, untuk mengantisipasi terjadinya penyakit dalam tubuh. Semakin banyak bentuk pertahanan yang dibuat, maka seluruh antisipasi dapat berjalan secara maksimal.


2. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara rutin setiap 1 kali dalam sebulan, untuk mengamati dan mengurangi pencegahan dari segala penyakit. Anda dapat melakukan pemeriksaan rutin melalui dokter spesialis, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Pada proses pemeriksaan kesehatan tersebut, Anda dapat mengetahui seluruh identifikasi dan penanganan yang tepat, terkait kondisi kesehatan di dalam tubuh.


3. Mengikuti berbagai kelas kesehatan

Kelas kesehatan merupakan salah satu fasilitas atau layanan yang dapat diikuti oleh banyak orang. Layanan tersebut disediakan untuk orang-orang yang ingin melakukan aktivitas kesehatan secara bersama, dalam bentuk yang beragam. 

Kelas yang dibuka biasanya meliputi aktivitas fisik dan kegiatan lain yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Anda dapat mengikuti kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesehatan, baik jiwa maupun raga. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro