Rumput laut/Istimewa
Health

7 Manfaat Konsumsi Rumput Laut, Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Redaksi
Kamis, 30 Mei 2024 - 09:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rumput laut menjadi salah satu olahan makanan yang banyak disukai oleh seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Cita rasa khas gurih alami, menjadi alasan banyak orang menjadikan rumput laut sebagai menu pendamping dalam setiap masakan. Dibalik semua hal tersebut, terdapat banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya mengurangi risiko penyakit jantung.

Rumput laut merupakan salah satu bentuk alga yang tumbuh di dalam laut. Tumbuhan tersebut berada di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat di negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Cina.

Olahan rumput laut dapat disajikan menjadi hidangan serbaguna seperti sushi, sup, salad, suplemen, dan lainnya. Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam rumput laut mampu mencegah terjadinya pembekuan darah untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Dilansir dari healthline.com, selain menjaga kesehatan jantung, rumput laut juga memiliki dipenuhi dengan khasiat kesehatan yang beragam.

Berikut 7 manfaat rumput laut bagi kesehatan:

1. Mengandung antioksidan

Rumput laut memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang didukung oleh vitamin A, C, dan E membuat pemanfaatan rumput lain terjadi secara optimal untuk melindungi sel-sel tubuh, dan memelihara kesehatan jantung serta diabetes.

2. Menyediakan serat dan polisakarida yang baik untuk kesehatan usus

Bakteri baik yang terdapat di dalam usus, memiliki banyak peran terhadap sistem pencernaan. Jika terdapat bakteri baik dan jahat yang tidak seimbang, akan menyebabkan terjadinya penyakit pada usus.

Kandungan serat dalam rumput laut berkisar 25-75% lebih besar dari jenis sayuran lainnya. Hal ini yang membuat pencernaan menjadi lancar dan hilangnya bakteri jahat di sekitar usus manusia.

3. Menurunkan berat badan

Rumput laut memiliki kandungan serat yang membuat lambung terasa kenyang lebih lama dan mampu menurunkan berat badan. Jenis makanan ini dianggap memiliki efek anti obesitas. Secara khusus, beberapa peneliti melakukan penelitian pada hewan, dan menunjukkan bahwa zat dalam rumput laut yang disebut fucoxanthin dapat membantu mengurangi lemak di dalam tubuh.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi fucoxanthin mengalami penurunan berat badan, sedangkan tikus yang mengonsumsi makanan lainnya tidak mengalami penurunan berat badan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh adanya kolesterol, penyumbatan pembuluh darah, dan kenaikan berat badan. Dalam hal ini, rumput laut memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk mencegah pembekuan darah, dan kemampuan untuk membantu penurunan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Sebuah penelitian dilakukan selama 8 minggu, untuk memberikan makan tikus yang memiliki kolesterol tinggi dengan makanan tinggi lemak yang dilengkapi 10% rumput laut kering beku. Hasil yang ditemukan adalah, tikus memiliki kolesterol total 40% lebih rendah, kolesterol LDL 36% lebih rendah, dan kadar trigliserida 31% lebih rendah dari tikus lainnya.

5. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Diabetes merupakan penyakit yang sering terjadi akibat adanya peningkatan kadar gula darah, obesitas, dan faktor genetika. Diabetes dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, dan hindari kadar gula serta natrium yang berlebih.

Menariknya, rumput laut menjadi fokus penelitian untuk menemukan cara terbaru untuk mendukung orang-orang yang berisiko terkena diabetes. Sebuah penelitian dilakukan selama 8 minggu terhadap 60 orang di Jepang, dan mengungkapkan bahwa fucoxanthin selaku zat dalam rumput laut coklat, dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

6. Sebagai sumber vitamin dan mineral

Rumput laut mengandung sejumlah vitamin A, C, E, dan K, bersama dengan folat, seng, natrium, kalsium, serta magnesium. Seluruh kandungan tersebut mampu menyeimbangkan kesehatan tubuh secara optimal mulai dari bagian luar dan dalam.

Protein yang terdapat dalam rumput laut, seperti spirulina dan chlorella, mengandung asam amino dan esensial. Hal Ini menunjukkan bahwa rumput laut dapat membantu memastikan Anda mendapatkan asupan asam amino secara lengkap.

7. Mengandung yodium dan tirosin, yang mendukung fungsi tiroid

Kelenjar tiroid membantu melepaskan hormon untuk membantu pertumbuhan, meningkatkan energi, dan memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Cara kerja tiroid bergantung pada yodium yang mampu membantu jalannya produksi hormon.

Dalam hal ini, rumput laut mampu menyerap yodium dan mengandung asam amino yang disebut sebagai tirosin. Kandungan tersebut mampu mengoptimalkan dua hormon kunci untuk membantu kelenjar tiroid bekerja secara maksimal. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro