Cara menyimpan daging sapi kurban
Kuliner

Tips Mudah Mengolah Daging agar Empuk

Redaksi
Sabtu, 15 Juni 2024 - 08:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang hari raya Iduladha, banyak masyarakat yang mempersiapkan diri untuk mengolah daging kurban. Beberapa orang telah mempersiapkan resep, bumbu, hingga teknik pemasakan yang tepat. Namun, ada beberapa hal yang harus dipahami salah satunya adalah tips mengolah daging supaya empuk.

Dilansir dari recipes.net, Sabtu (15/6/2024) daging memiliki serat-serat yang dapat menghambat proses pemasakan menjadi lama. Serat yang terdapat di dalam daging, jika tidak diolah dengan cara dan bahan yang tepat, maka daging yang diolah akan menjadi keras.

Namun, untuk menghasilkan daging empuk membutuhkan banyak bahan, jenis potongan, dan teknik memasak secara tepat. Kini Anda tidak perlu khawatir untuk menghasilkan makanan dari hasil olahan daging yang empuk dan meresap.

Simak teknik dan tips memasak daging agar empuk:

1. Menggunakan teknik tenderisasi dengan cara:

  • Merendam daging dengan bumbu

Anda dapat merendam daging selama 30 menit dalam bumbu marinasi yang sudah disiapkan, maupun menggunakan nanas untuk menambah kesan empuk pada daging. Merendam daging tidak hanya menambah citarasa, tetapi juga membantu melakukannya. Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk merendam daging supaya empuk berupa bahan asam seperti jus lemon, cuka, atau yogurt bekerja dengan memecah serat otot.

  • Memukul daging hingga merata

Memukul daging secara merata, membuat daging empuk dan mudah untuk diolah. Anda dapat memukul daging dengan palu khusus daging untuk memecah serat otot tersebut. Lakukan mulai dari tengah dan mengarah keluar, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Gunakan teknik brining dengan cara:

  • Teknik brining dilakukan dengan cara merendam daging sapi dalam larutan air asin.

Tujuan dari teknik ini adalah membantu meningkatkan kadar air dan kelembutan pada daging. Garam akan mengubah struktur serat otot, dan menghasilkan daging yang lebih berair serta lebih empuk.

3. Teknik Memasak

Berikut adalah beberapa teknik memasak daging yang perlu diperhatikan:

  • Teknik memasak lambat

Teknik memasak lambat menggunakan api kecil dan waktu memasak yang lebih lama. Anda dapat mengubah potongan daging yang keras menjadi hidangan yang empuk. Teknik seperti ini cocok digunakan untuk merebus, mengukus, dan memanfaatkan slow cooker untuk mempermudah proses pemasakan.

  • Memanggang

Proses memasak dengan teknik memanggang dapat membuat daging menjadi lebih empuk dan beraroma. Namun, Anda harus mematikan suhu yang tepat dalam memasak daging tersebut.

Mulailah dengan api besar untuk membakar daging dan pastikan daging tersebut telah mengeluarkan cairan, lalu kecilkan apinya untuk menyelesaikan proses memasak tersebut. Teknik ini bekerja dengan sangat baik untuk potongan daging steak atau sate.

  • Sous vide

Sous vide merupakan salah satu teknik memasak yang dimasukkan dalam plastik vakum. Daging yang sudah dibumbui akan dimasak melalui proses perebusan hingga matang. Teknik tersebut menerapkan proses low cooking, yang membuat daging cepat empuk dan meresap hingga merata. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro