Ilustrasi susu ikan/kkp
Health

Mengenal Susu Ikan, Bahan Kandungan dan Manfaatnya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 15 September 2024 - 12:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan tengah ramai dibahas tentang susu ikan yang akan menjadi bagian dari program makan siang gratis pemerintah.

Mungkin masih banyak yang bingung dengan istilah susu ikan ini. Pasalnya, biasanya susu berasal dari sapi, kambing, dan juga kacang-kacangan.

Lantas apa susu ikan itu? apakah terbuat dari ikan?

Susu ikan adalah produk berbasis protein ikan yang diolah hingga menyerupai susu. Meskipun namanya "susu ikan," produk ini sebenarnya tidak berasal dari kelenjar susu seperti susu sapi atau susu kambing, melainkan dari ekstraksi protein ikan, biasanya ikan laut yang kaya omega-3.

Dilansir dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), susu ikan merupakan minuman protein salah satu produk turunan dari Hidrolisat Protein Ikan (HPI) yang diolah dan disajikan menyerupai susu. Produk ini merupakan salah satu hasil hilirisasi perikanan yang saat ini terus digalakkan KKP.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo menyampaikan nama susu ikan adalah branding dari inovasi produk turunan HPI untuk mudah dikenal dan dikonsumsi masyarakat mengenal produk tersebut.

"Jadi bukan dalam arti susu yang sebenarnya, melainkan susu analog hasil dari HPI," terang Budi dikutip dari laman resmi KKP.

HPI sendiri, adalah ekstrak protein ikan hasil penelitian tim biotechnologi Libang KKP tahun 2017 dengan memanfaatkan ikan rendah ekonomi  seperti petek, selar, tamban, dan belok. Industri ini akan menjadi faktor penting pemicu meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Budi menerangkan, HPI yang menjadi bahan baku utama susu ikan, memiliki karakteristik multifungsi dan praktis, sehingga dapat mendorong terciptanya inovasi produk pangan lokal unggulan lainnya melalui fortifikasi bahan makanan dan minuman.

"Jadi tidak hanya jadi minuman berprotein atau yang kita kenal dengan susu ikan, tapi HPI bisa digunakan sebagai bahan tambahan pangan ke beragam makanan sehari-hari," tuturnya.

Dilansir dari UMSU, ada beberapa kandungan dalam Susu Ikan berikut ini

  • Omega-3
  • DHA (Docosahexaenoic Acid)
  • EPA (Eicosapentaenoic Acid)
  • Asam Amino Esensial
  • Vitamin D
  • Vitamin B12

Manfaat Susu Ikan

1. Mengoptimalkan Fungsi Kognitif dan Pembelajaran

Manfaat susu ikan dalam fungsi kognitif karena kandungan DHA (Asam Dokosahexaenat) dalam minyak ikan sangat penting untuk perkembangan kognitif anak dan mengoptimalkan kemampuan belajar. DHA membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga anak dapat menunjukkan kemampuan konsentrasi dan fokus yang tinggi.

2. Mendukung Kecerdasan Otak

Asam lemak omega-3, terutama DHA, berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak, terutama untuk kemampuan belajar, ingatan, dan perkembangan otak. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 pada ikan baik meningkatkan fungsi otak.
Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Ikan kaya akan mineral seperti kalsium dan fosfor, serta vitamin D yang membantu penyerapan mineral tersebut. Kandungan ini penting untuk kesehatan sistem gerak, seperti pertumbuhan tulang dan gigi anak, serta mengurangi risiko osteoporosis pada orang dewasa.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini membantu tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi ikan secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung. The American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan setidaknya 2 kali per minggu untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Konsumsi ikan yang dipanggang telah menunjukkan bahwa volume otak lebih besar dengan sel otak yang lebih besar. Hal ini dapat meningkatkan fungsi ingatan dan pembelajaran, serta mengurangi risiko penurunan fungsi kognitif otak dan penyakit Alzheimer.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro