KLIA Ekspres, layanan kereta api berkecepatan tinggi yang dioperasikan oleh Express Rail Link Bhd. yang menghubungkan pusat kota Kuala Lumpur dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), melaju di atas rel di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu, 14 Januari 2024./Bloomberg-Richard Humphries
Travel

Ini Destinasi Paling Disukai di Asia, Dikunjungi 16 Juta Turis Asing Sepanjang 2024

Mutiara Nabila
Selasa, 15 Oktober 2024 - 18:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Selama ini Bali, Indonesia sering digadang-gadang jadi destinasi wisata paling disukai oleh turis asing di Asia, tapi ternyata pemenangnya adalah negara tetangga, Malaysia.

Mengutip Insider Monkey, Malaysia terpilih sebagai destinasi paling disukai di Asia, yang menyambut 16,45 juta wisatawan asing antara Januari dan Agustus, dan mencatatkan peningkatan hampir 30% dari tahun ke tahun.

Menteri Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia Datuk Seri Tiong King Sing, yang dilansir The Edge Malaysia, Singapura menjadi sumber pengunjung terbesar selama periode ini, menyumbang 5,77 juta kedatangan, diikuti oleh Indonesia dengan 2,4 juta, dan China dengan 2,29 juta.

Sementara itu, Thailand berada di peringkat keempat dengan menyumbang 1,09 juta pengunjung, sementara Brunei berada di posisi lima teratas dengan 785.548 kedatangan.

Malaysia sendiri telah menetapkan target 27,3 juta kedatangan wisatawan mancanegara tahun ini.

Terkenal karena perpaduan budayanya yang beragam, Malaysia melampaui Singapura dan Thailand untuk menjadi negara yang paling disukai di Asia, menurut survei Insider Monkey.

Untuk lebih meningkatkan pariwisata, Malaysia juga melonggarkan persyaratan visa bagi pengunjung dari negara-negara ekonomi besar seperti China dan India.

Sementara itu, dalam periode delapan bulan yang sama, Thailand mencatat 23 juta wisatawan internasional, sementara Vietnam menyambut 11,2 juta wisatawan.

Di Indonesia berdasarkan data BPS sampai dengan Agustus 2024, kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 1,34 juta kunjungan. Jumlah ini naik sebesar 2,23 persen dibandingkan Juli 2024 month-to-month (m-to-m) dan naik 18,30 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu (y-on-y). 

Turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia pada Agustus 2024 didominasi oleh wisman yang berasal dari Malaysia 14,09%, Australia 11,47%, dan China 9,41%.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro