Show

PAMERAN SENI: Karya Unik Xia Xiaowan

Inria Zulfikar
Senin, 12 November 2012 - 19:14
Bagikan

JAKARTA: Inovasi imajinatif dan eksperimentasi. Barangkali itulah kata yang cocok menyebut hasil karya seniman asal China, Xia Xiaowan. Dia telah menciptakan metode seni baru yang inovatif.

Dengan sejumlah panel kaca (15-30 panel), dia melukis bagian yang berbeda satu per satu dengan tekniknya menggunakan pensil khusus dan kaca berwarna. Begitu dijajarkan ke belakang, tampak objek yang unik dan menakjubkan.

Xiaowan berhasil mengkompilasi  beberapa lapisan lukisan atau karya seni 2 dimensi (2d) menjadi karya 3 dimensi (3d). Dengan menggunakan teknik ini, dia mampu menciptakan citra yang mendalam dan menghasilkan efek hologram. Dia menyebutnya sebagai Spatial Painting.

Sejumlah karya Xia Xiaowan ini akan dipamerkan oleh Linda Gallery di Museum of  Contemporary Arts (MOCA) Singapura pada  17 November-9 Desember 2012 dengan tema Transcendent Space. Dari Singapura karya Xia Xiaowan ini akan diboyong ke Jakarta dan dipamerkan di Museum Nasional, Jakarta pada awal Januari 2013.

“Kami memberi kesempatan dan mendampingi bagi pencinta seni di Indonesia yang ingin bertemu dengan Xia Xiaowan di Singapura pada pameran ini. Untuk pameran di Jakarta, kami masih membicarakan dan mengusahakan agar Xia Xiaowan bisa hadir,” kata General Manager Linda Gallery Karyadi Suwarno  hari ini, Senin (12/11/2012).

Menurut Karyadi, salah satu karya Xia yang terbuat dari puluhan media panel kaca ada yang seberat 2 ton, yang merupakan karya spektakuler.

Xia Xiao Wan adalah seorang seniman kelahiran Beijing, China, pada 1959. Tahun 1982 dia lulus dari Studio Ketiga Departemen Oil Painting dari Department of  the Central Academy of  Fine Arts, Beijing. Saat ini dia sebagai professor of  Stagecraft Department of the Central Academy of  Drama.

Pada pamerannya yang bertema Transcendent Space, dia menampilkan seri  dengan konsep corporality, suatu persepsi yang mengundang pertanyaan, dimana metode Barat yang di setting dengan menggunakan perspektif pada ilusi. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Inria Zulfikar
Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro