Fashion

Depresi Wanita Baru Melahirkan Bisa Picu Gangguan Bipolar

Miftahul Khoer
Rabu, 18 Juni 2014 - 21:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Wanita yang baru melahirkan kerap mengalami depresi. Terkadang depresi yang dirasakan cukup berlebihan sehingga berpotensi menimbulkan gangguan bipolar.

Gangguan bipolar merupakan penyakit cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati dan berkonsultasi ke psikiater.

"Makanya depresi pada wanita seusai melahirkan harus diwaspadai," kata Nurmiati Amir, Wakil Ketua Sie Bipolar dan Gangguan Mood Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia di JW Marriott, Rabu (18/6/2014).

Depresi pada wanita usai melahirkan yang mendekati pada gejala gangguan bipolar yakni ketika khayalan wanita terlalu tinggi, kerap murung, nafsu makan hilang, dan stres berlebihan.

Dia mengatakan gangguan bipolar sering terjadi pada wanita karena kerap bermasalah secara hormonal dan sangat berpengaruh pada gangguan mood. "Jadi, hormon inilah yang berperan besar sehingga wanita lebih banyak alami bipolar dari pada lelaki," katanya.

Wanita depresi berlebihan itu akan kembali normal jika hormonal pada wanita kembali pada masa sebelum melahirkan. Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh wanita agar tidak menganggap enteng pada depresi wanita usai melahirkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Khoer
Editor :
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro