Ilustrasi/Moveoneinc
Relationship

TIPS KARIR: 3 Hal Dapat Sabotase Proses Pencarian Kerja

Andhina Wulandari
Rabu, 17 Desember 2014 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARATA- Proses pencarian kerja memang tidak selalu mudah. Ada saja hambatan yang Anda temui, mulai dari perusahaan yang tidak sesuai atau pekerjaan yang tak cocok dengan latar belakang pendidikan.

Tapi ternyata, tanpa Anda sadari, beberapa kebiasaan seperti yang Anda lakukan justru bisa mempersulit proses pencarian kerja. Berikut ini tiga di antaranya.

Tidak melakukan networking

Salah satu kesalahan umum adalah Anda tidak melakukan networking atau menjalin hubungan kerja. Hal ini penting untuk dilakukan, terutama kepada orang-orang yang berada di bidang yang sama dengan Anda atau berteman dengan mereka yang berada di perusahaan impian Anda.

Menurut John Sullivan, profesor manajemen di Universitas San Francisco dilansir laman LearnVest, salah satu cara paling umum untuk mendapatkan pekerjaan adalah melalui rekomendasi. Karena itu, jika Anda menyasar sebuah perusahaan, cobalah jalin networking untuk setidaknya mengenal beberapa orang di perusahaan tersebut.

Tidak memiliki profil online

Di era kemajuan teknologi saat ini, Anda harus memiliki profil online untuk memasarkan diri sendiri kepada perusahaan. Cobalah buat profil di LinkedIn, bikin blog yang menceritakan tentang profesi Anda, dan tampilkan resume Anda secara online.

Terlalu cepat kemukakan soal gaji

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah Anda terlalu cepat mengemukakan tentang ekspektasi gaji. Terlebih lagi, Anda memberikan angka yang jauh lebih tinggi dibanding kisaran gaji untuk jabatan tersebut.

Karena itu, selalu lakukan riset untuk mengetahui besaran gaji untuk jabatan yang Anda sasar. Kemudian tunggu ketika topik itu diangkat di dalam wawancara kerja. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

4 Cara Meyakinkan Pasangan untuk Tunda Pernikahan

Baju yang Dipakai Pangeran George Diburu Pembeli

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Learnvest/Ehow
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro