Grup band Kotak Mario Marcella (tengah), Tantri Syalindri Ichlasari (kiri) dan Swasti Sabdastantri atau Chua (kanan) berpose saat menghadiri acara konferensi pers Film Rock N Love di Jakarta, Senin (26/1)./Antara
Entertainment

Basis Kotak Tak Setuju Pemakai Narkoba Dihukum Mati

Fitri Rachmawati
Jumat, 30 Januari 2015 - 12:03
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA — Basis Band Kotak, Swasti Sabdastantri atau yang akrab di panggil dengan Chua, kurang setuju hukuman mati untuk pengguna narkoba.

Dia lebih setuju jika hukuman mati hanya untuk pengedar dan pembuat narkoba saja.

 “Karena pengguna bukan berarti pengedar,  dan biasanya mereka mengonsumsi narkoba karena faktor ketidaksengajaan, seperti dikerjai teman atau faktor lainnya seperti karena kondisi keluarga yang broken home atau sebagai pelarian,” tuturnya Kamis (29/1/2015).

 Menurutnya,  justru hukuman bagi pengguna narkoba bukan hukuman mati, melainkan pembinaan, dan ini bisa menyembuhkan dibandingkan dengan hukuman mati.

 Dia mengakui tidak akan pernah dan tidak akan mengonsumsi narkoba, karena efeknya lebih banyak negatif dibanding positif, karena melihat pengalaman teman-teman yang tergolong ekonomi mampu dan ketika terlibat narkoba justru kebanyakan jatuh miskin.

“Kalau saya terlibat narkoba kashian orang tua bakal kecewa banget,” katanya.

 Bentengi Diri

Untuk terhindar dari keterlibatan narkoba sebenarnya banyak cara dan kembali lagi kepada individu masing-masing.

 “Kalau saya hanya mengingat nasehat orang tua, karena mereka berpesan untuk bisa menjaga diri sendiri dan selalu menjaga nama baik sendiri,” tambahnya.

 Dia menambahkan tidak semua musisi rock identik dengan narkoba, karena keterlibatan narkoba tergantung pada individu masing-masing, dan tidak dipungkiri diluar lingkungan band yang beraliran rock pun seperti oknum polisi, tentara atau profesi lainnya pun banyak terlibat dengan narkoba.

 “Dan gak jamin mereka [yang berprofesi dokter dan sebagainya] bersih dari keterlibatan narkoba,” imbuhnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro