Ilustrasi/Antara
Fashion

RISET: Warga Medan Lebih Suka Shopping Ketimbang Pikirkan Masa Pensiun

Newswire
Selasa, 24 Maret 2015 - 13:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Warga Medan tidak begitu peduli dengan apa yang harus dilakukan dalam mempersiapkan diri menghadapi tibanya masa pensiun.

Walaupun mereka sudah mulai berinvestasi, dana yang diinvestasikan digunakan untuk mempertahankan gaya hidup saat ini seperti melancong dan membeli barang mewah.

Bahkan, ketika memasuki masa pensiun, mereka berharap dapat mempertahankan gaya hidup yang sama.

“Berbeda dengan investor di Jakarta dan Surabaya, masyarakat Medan belum menyiapkan masa pensiunnya dengan baik,” kata Chief of Employee Benefits PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, Nur Hasan Kurniawan, dalam pemaparan tertulis mengenai hasil riset Manulife Investor Sentiment Index (MISI), 23 Maret.

MISI didasarkan pada 500 wawancara tatap muka dengan responden dari kalangan investor kelas menengah-atas dan berusia 25 tahun ke atas.

Investasi mereka saat ini, paparnya, hanya digunakan untuk membiayai gaya hidup. Fakta ini cukup mengkhawatirkan. Apalagi tiga pengeluaran masa pensiun terbesar adalah 41% untuk keperluan rumah tangga, 29% untuk biaya kesehatan dan pengobatan, dan 15% untuk membantu anak.

Nur Hasan mengingatkan bahwa kondisi ekonomi yang baik saat ini tidak mungkin berlangsung terus-menerus. Tingkat inflasi, perubahan harga minyak, kenaikan tingkat suku bunga, dan potensi berkurangnya investasi dan aliran modal akibat penguatan dolar AS menghadirkan tantangan yang lebih berat. “Tantangan tersebut harus dikelola dengan baik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro