Health

Berikut Ini Tips Mengurangi Sakit Pinggul

Fitri Rachmawati
Minggu, 29 Maret 2015 - 15:18
Bagikan


Bisnis.com,Jakarta—Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia atau POGI Dr Nurdadi Saleh mengatakan segala perubahan tubuh termasuk sebagian besar rasa sakit dan nyeri selama menjalani proses kehamilan adalah hal yang alami bagi wanita hamil

“Perubahan tersebut merupakan respon tubuh, karena dalam perut Anda ada seorang bayi yang sedang tumbuh,” tuturnya Minggu (29/03/2015).

Salah satunya nyeri di pinggul yang banyak dikeluhkan oleh wanita hamil. Rasa nyeri di pinggul ini diakibatkan oleh hormon yang dilepaskan dalam kehamilan untuk membuat ligamen yang mendukung sendi menjadi rileks.

Hal ini terjadi hampir sejak saat pembuahan sebagai cara alamiah untuk menyiapkan tubuh menuju proses melahirkan. Namun, hal tersebut biasanya menimbulkan rasa tak nyaman terutama ketika berat badan tubuh mulai bertambah.

Adapun cara yang bisa di coba untuk mengurangi rasa nyeri di pinggul yang sangat tidak nyaman tersebut a.l.
 
Pastikan posisi tidur tepat
Hal yang paling pertama dilakukan adalah memastikan posisi tidur yang tepat, di mana semua sendi di sekitar panggul dan pinggul tersangga dengan baik. Seperti tidur miring pada satu sisi dengan kedua tungkai tertekuk dan meletakkan bantal di antara lutut untuk menyangga seluruh panjang tungkai.
 
Letakkan bantal di bawah perut
Selain itu, Anda bisa mencoba meletakkan bantal di bawah perut agar Anda tidak bergulig ke depan. Lalu meletakkan lapisan tambahan seperti kantong tidur atau alas rajutan di bawah lapisan seprai pun bisa di coba untuk menambah kenyamanan.
 
Botol air panas
Anda juga bisa mencoba menempatkan botol panas pada pinggul untuk membantu menghangatkan, agar pinggul lebih rileks.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro