Ilustrasi/Vadentist
Health

Sikat Gigi Bisa Rangsang Kecerdasan Otak Anak

Ipak Ayu H Nurcaya
Selasa, 28 Juli 2015 - 17:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Selain musik, salah satu bentuk stimulasi sistem auditori yang sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan aktivitas menyikat gigi. 

Anne Gracia, Praktisi Neurosains Terapan, mengatakan menyikat gigi merupakan salah satu bentuk aktivitas oral motor yang menstimulasi kemampuan anak untuk mengembangkan stimulus suara yang masuk melalui telinga (filter auditori).

"Bukaan mulut dan gerak rahang ke kiri dan kanan saat menyikat gigi juga merupakan salah satu bentuk stimulus sekaligus mematangkan kemampuan artikulasi. Sinergi yang baik pada kegiatan artikulasi yang erat hubungannya dengan musik dan gerak sendi rahang pada aktivitas menyikat gigi dapat membantu kesiapan komunikasi pada anak,” kata Anne dalam program Daycare Unilever bertema ‘Daddy & I, Together for a #brightFuture’ beberapa waktu lalu.

Aktivitas menyikat gigi juga bisa menjadi sarana interaksi antara anak dan ayah. Bila dilakukan dengan cara menyenangkan misalnya sambil bersenandung, bercerita atau bermain, aktivitas menyikat gigi juga bisa membantu menumbuhkan emotional bonding yang kuat.

Stimulus pijatan dan suara ayah mengobrol saat mandi ataupun sikat gigi akan memberikan varian auditori yang baik. Hal ini akan memberikan fondasi dan menjadi bekal untuk anak-anak tumbuh dengan pribadi yang cerdas dan bermanfaat untuk masa depan mereka.

Enny Sampurno, Direktur Human Resource PT. Unilever Indonesia Tbk, mengatakan edukasi menyikat gigi ini juga sejalan dengan misi salah satu brand Pepsodent, yang terus menerus mengedukasi masyarakat pentingnya menyikat gigi dua kali sehari; pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut anak, serta menurunkan resiko gigi berlubang hingga 50%.

"Kami berharap program edukasi ini dapat memberikan banyak manfaat serta menggugah para ayah untuk semakin aktif berperan serta dalam proses tumbuh kembang anak dan mempererat hubungan dengan anak dan keluarga, demi masa depan generasi yang lebih cerah. Semoga komitmen dari langkah kecil yang kami lakukan ini dapat menginspirasi banyak pihak terutama para orang tua dalam proses tumbuh kembang anak,” tutup Eny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro